Find Us On Social Media :

4 Daya Tarik Wanita Jawa Sebagai Istri, Mungkin Karena Inilah Bobby Kepincut Kahiyang

By Yoyok Prima Maulana, Selasa, 7 November 2017 | 18:45 WIB

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Intisari-online - Semua wanita dari berbagai suku di Indonesia pasti punya kelebihan dan kebaikan masing-masing.

Demikian juga dengan wanita Solo atau Jawa. Ia juga punya ciri khas tersendiri.

Sebagai wanita asli Solo, putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, pasti paham betul idealisme wanita dalam pandangan budaya Jawa.

Idealisme wanita dalam budaya Jawa tercermin melalui ungkapan nilai yang diharapkan melekat pada jati diri wanita, baik sebagai istri, ibu rumah tangga, maupun sebagai wanita karier yang mendampingi suami.

Berikut adalah 4 idealisme wanita Jawa sebagai istri seperti dikutip dari karya ilmiah "Nilai-Nilai Kewanitaan Dalam Budaya Jawa" karya Dosen ISI Surakarta, Sriyadi, S Kar. M Hum.

BACA JUGA: 

1. SETYA Setia. Inilah kriteria wajib yang mesti dimiliki wanita Jawa. Ia menganggap suami bukan semata-mata menjadi suaminya ketika hidup di dunia, tetapi juga di akhirat kelak. 

Tercermin dalam ungkapan Jawa yang jelas menyebutkan kesetiaan sosok wanita terhadap suaminya adalah swarga nunut neraka katut (mengikuti ke surga maupun ke neraka).

Wanita Jawa selalu setia kepada pasangannya bagaimanapun kondisinya. Baik dalam kondisi hidup penuh ke¬susahan dan terlebih dalam kondisi yang serbamenyenangkan. 

Di¬gambarkan secara jelas sikap setia wanita Jawa melalui ungkapan: urip rekasa gelem, mukti uga bisa; sabaya mukti sabaya pati (hidup dalam kesusahan bersedia, hidup makmur pun bisa; sehidup semati dalam suka maupun duka).

BACA JUGA: 

2. BEKTI