Find Us On Social Media :

Kabar Bahagia! Menurut Bill Gates, Polio Dapat Diberantas pada Akhir Tahun Ini

By Mentari DP, Senin, 30 Oktober 2017 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com – Salah satu pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia, Bill Gates, mengatakan bahwa berkat upaya vaksinasi massal di seluruh dunia, polio dapat diberantas pada akhir tahun ini.

Gates mengatakannya dalam acara tahunan Hari Polio Internasional kelima bersama Melinda Gates dan Warren Buffet.

“Jika keadaan tetap stabil di daerah konflik, umat manusia bisa melihat kasus polio terakhir pada tahun ini,” kata Gates dilansir ilfscience.com.

“Kita sering melihat bagaimana kondisi anak-anak yang terkena polio. Jadi sangat mendebarkan menjelang hari ketika kita tidak akan lagi melihat anak-anak terkena polio.”

(Baca juga: Dokter Berhasil Mengobati Tumor Otak dengan Polio Virus)

(Baca juga: Lumpuh Akibat Polio Sejak Usia 4 Tahun, Irma Suryati Sukses jadi Pengusaha Keset)

Salah satu korban polio, Ade Adepitan, mengatakan dalam sebuah pidato bahwa hari di mana dunia akhirnya dinyatakan bebas polio bisa menjadi “hari terbesar umat manusia sejauh ini”.

Diketahui polio (poliomielitis) telah membunuh atau melumpuhkan jutaan orang, terutama anak kecil.

Virus ini sangat menular dan menyerang sistem saraf. Gejalanya bisa seperti muntah, kelelahan, leher yang kaku, anggota badan yang sakit, dan kerusakan otot.

Bahkan dalam beberapa kasus, hal itu bisa menyebabkan kelumpuhan total.

Virus ini telah ada selama berabad-abad. Namun baru mulai mendapat perhatian pada abad ke-20 setelah rentetan kasus di Eropa dan Amerika Serikat.

Vaksin polio pertama dikembangkan pada tahun 1950 oleh Jonas Salk. Tapi baru tahun 1988, Majelis Kesehatan Dunia menetapkan target untuk memberantas penyakit ini melalui vaksin polio.

Sejak itulah, Yayasan Bill & Melinda Gates mendukung usaha ini dengan menggelontorkan ratusan juta dolar.