Find Us On Social Media :

Kehilangan Wajah saat Bertugas, Pemadam Kebakaran Ini Harus Tunggu Belasan Tahun untuk Pulih

By Ade Sulaeman, Senin, 9 Oktober 2017 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com - Ketika berusia 27 Tahun di bulan September tahun 2001, Patrick Hardison seorang sukarelawan pemadam kebakaran asal Senatobia, Missisipi, AS mengalami kecelakaan fatal.

Pada tahun 2001 itu dengan penuh semangat Hardison membantu memadamkan api yang membakar hebat sebuah rumah di kawasan Missisipi.

Tapi nahas ketika memasuki rumah yang sedang terbakar atap rumah runtuh dan menimpa Hardison.

Hardison pun mengalami luka bakar parah karena selain kulit mukanya terbakar habis, ia juga kehilangan dua daun telinga, bibir, alis dan hidungnya juga nyaris hilang.

Dalam kondisi kritis Hardison kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Tapi untuk memulihkan wajahnya yang “hilang” Hardison pun harus menjalani operasi transplatasi kulit dan harus diambil dari sejumlah bagian tubuhnya atau donor dari orang lain.

Namun sebelum menjalani operasi transplatasi kulit wajah, yang ternyata belum bisa dilakukan di AS, Hardison harus memulihkan diri dulu dan hidup dengan “wajah mengerikan” selama bertahun-tahun.

Selama belum menjalani operasi secara tuntas jika sedang keluar rumah Hardison selalu menyembunyikan wajahnya dengan topi baseball dan kaca mata gelap.

Akibatnya Hardison pun mengalami depresi hebat dan sempat membeci kehidupan.

Tapi berkat dukungan istri dan anak-anaknya, Hardison akhirnya mampu menjalani hidup yang baginya sangat menyiksa itu selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2005, kehidupan Hardison mulai berubah ketika dirinya dibawa ke Perancis untuk menjalani operasi transplatasi kulit wajah.