Find Us On Social Media :

Setelah Menghabiskan 7 Tahun Menghitung Populasi Hiu Putih, Peneliti Ini Menemukan Hal yang Mengejutkan

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 24 September 2017 | 18:20 WIB

Intisari-Online.com - Selama ini hiu dikenal sebagai spesies yang menyeramkan dan disebut kerap mengancam nyawa manusia.

Namun tahukah Anda bahwa mereka sebenarnya lebih terancam dari kita?

Setelah menghabiskan waktu sektiar tujuh tahun menghitung populasi hiu putih, peneliti ini mengaku menemukan hal yang amat mengejutkan.

(Baca juga: 'Megalolamna paradoxodon', Nenek Moyang Hiu Putih dengan Gigi Raksasa)

Selama ini para peneliti selalu kesulitan ketika ditanya ada berapa populasi hiu putih sekarang. Kebanyakan hanya bisa memperkirakan saja berapa jumlah hewan ini di alam liar.

Berusaha menjawab misteri itu, seorang ahli di bidang pelestarian lingkungan, Michael Rutzen, mendedikasikan dirinya untuk menghitung populasi hewan ini sejak tahun 2009.

Data yang dikumpulkan berasal dari garis pantai Afrika Selatan. Area ini dianggap sebagai markas terbesar hiu putih di dunia sehingga Michael menduga hasil yang didapat tentu akan banyak.

Michael sendiri adalah orang Afrika Selatan yang terkenal akan hasil karya dokumenternya melakukan free dive dengan hiu.

Ia melakukan aksi ini untuk menghapus stereotipe orang bahwa hiu adalah hewan buas pembunuh manusia.

Dengan pengalaman selama 20 tahun hidup dekat dengan hiu putih, ia pun mulai melakukan penelitian.

Metode yang ia gunakan adalah memotret setiap hiu yang ditemui dan mengidentifikasi mereka. Michael berhasil memotret 5.000 hiu dan dari situ ia mengidentifikasi 426 hiu yang berbeda.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga spesies hiu putih?