Find Us On Social Media :

Senangnya dalam Hati, Dikira Sudah Punah Eh Ternyata 5 Spesies Ini Masih Eksis!

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 20 September 2017 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com – Ada beberapa peristiwa tentang kepunahan massal, yang paling terkenal adalah kepunahan dinosaurus.

Spesies yang tidak bisa beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan yang berubah, baik pemanasan global atau kerusakan habitat, bisa punah jauh lebih cepat.

Tapi sangat sulit untuk menentukan apakah suatu spesies sudah punah atau tidak ada dari suatu daerah.

(Baca juga: Dikira Sudah Punah, Ternyata Ikan Tanpa Wajah Ini Kembali Terlihat Setelah 150 Tahun Lamanya)

Bahkan ada beberapa spesies yang diperkirakan sudah punah, kadang-kadang selama jutaan tahun, sebelum akhirnya ditemukan kembali. Spesies tersebut disebut spesies “Lazarus”.

Ada lebih dari 100 spesies telah ditemukan kembali. Namun ada 5 spesies yang paling menarik yang dikira sudah punah tapi muncul kembali dilansir dari independent.co.uk.

1. Paus Omura

Balaenoptera omurai adalah spesies paus yang memiliki sirip kecil. Paus berukuran 10 m diperkirakan sudah punah karena tidak ada penampakannya lagi sejak tahun 2003.

Namun populasi paus kecil berwarna pucat di sisi kanan dan lebih gelap di sebelah kiri ini ditemukan di lepas pantai Madagaskar pada tahun 2013.

Setelah dikonformasi melalui bukti DNA, ternyata itu benar paus Omura.

2. Coelacanth

Mungkin inilah spesies Lazarus yang paling terkenal. Coelacanth (diucapkan seel-a-canth) diperkirakan punah pada saat yang sama dengan dinosaurus.

Namun tahun 1938, ia ditemukan di lepas pantai Afrika Selatan.