Hampir Semua Daging Sapi Giling Cukup Terkontaminasi untuk Membuat Kita Sakit

  • Rabu, 26 Agustus 2015 14:30 WIB

Hampir Semua Daging Sapi Giling Cukup Terkontaminasi untuk Membuat Kita Sakit

Intisari-Online.com - Setelah melakukan penyelidiakan mendalam, sebuah investigasi Consumer Reports menemukan bahwa hampir semua daging sapi giling cukup terkontaminasi untuk membuat kita sakit.

Dari 300 paket yang berisi daging sapi giling seberat 207 kg yang dibeli di tokok-toko di 26 kota di Amerika Serikat, beberapa diantaranya terkontaminasi tinja.

Temuan itu tidak hanya kotor, namun juga dapat menyebabkan penyakit yang serius ketika daging tidak dimasak dalam suhu yang direkomendasikan, yaitu 160 derajat Fahrenheit atau sekitar 71 derajat Celsius.

Pada dasarnya hampir semua daging memang dapat membuat kita sakit jika tidak dimasak dengan benar, namun pada daging sapi giling lebih berisiko karena cenderung ada kotoran pada kulit mereka. Kotoran berisi bakteri tersebut biasanya akan ikut tercampur saat daging digiling.

Pengujian juga mengungkapkan resisten antibiotik "superbug" di beberapa daging, meskipun mereka jauh lebih lazim ditemukan pada daging sapi berlabel "diberi makan rumput organik," yang cenderung memiliki bakteri yang lebih sedikit.

Para ahli menyarankan konsumen untuk membeli daging sapi yang dibesarkan secara berkelanjutan ketika mereka dapat selalu memastikan daging tersebut dimasak dengan baik. "Ingat, ketika itu daging sapi giling, Anda telah membara bakteri dari permukaan daging sapi ke dalamnya," ujar Direktur untuk keamanan pangan Consumer Reports kepada CBS.

 (foxnews.com)

Reporter : Ade Sulaeman
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×