Pneumonia, Pembunuh Nomor Satu pada Bayi

  • Jumat, 1 Maret 2013 20:00 WIB

Pneumonia, Pembunuh Nomor Satu pada Bayi

Intisari-Online.com – Pneumonia suatu jenis infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Bayi paling sering mengalami gejala pneumonia yang disebabkan oleh infeksi virus, menurut MedlinePlus.

Berikut ini gejala pneumonia pada bayi yang membutuhkan perhatian medis segera dari seorang dokter.

  • Batuk atau suara mendengkur.

    Tidak seperti anak-anak dan orang dewasa, bayi dengan pneumonia biasanya tidak menunjukkan gejala batuk kronis tergantung pada jenis infeksi. Sebaliknya, bayi dengan gejala infeksi paru-paru mengalami batuk kering berulang dan secara bertahap berkurang.

  • Demam.

    Demam dapat terjadi pada bayi dengan pneumonia. Gejala demam bisa disertai dengan keringat, menggigil atau sakit kepala. Umumnya, gejala demam pada bayi dengan pneumonia melebihi 39oC. Bayi yang mengalami gejala demam harus diperiksa oleh dokter, karena gejala ini bisa menjadi tanda medis yang serius.

  • Kesulitan bernapas.

    Kesulitan bernapas dapat terjadi pada bayi yang mengalami pneumonia. Seorang bayi dengan infeksi paru-paru mulai bersin atau bernapas cepat. Orangtua harus mulai memperhatikan otot-otot tulang rusuk bayi ketika mereka bernapas. Bayi yang mengalami kesulitan bernapas karena pneumonia memerlukan perhatian medis segera dari dokter.

  • Sakit perut dan rendahnya nafsu makan.

    Pneumonia dapat menyebabkan gejala sakit perut, seperti mual atau muntah. Jika ini terjadi, bayi biasanya tidak mau makan atau memiliki nafsu makan yang menurun. Bayi yang mengalami pneumonia juga mengalami diare akibat infeksi. Bayi yang mengalami muntah atau diare persisten harus segera dibawa ke dokter karena dapat berisiko dehidrasi pada bayi.

  • Mudah rewel.

    Bayi yang mengalami pneumonia mudah rewel. Pneumonia membuat mereka merasa tidak nyaman, hingga bayi sering menangis atau bermasalah dengan tidurnya.

Jika Anda menemukan gejala tersebut pada bayi Anda, segera periksakan ke dokter. Campur tangan ahli medis yang cepat dapat memfasilitasi proses penyembuhan bayi Anda.

Reporter : K. Tatik Wardayati
Editor : K. Tatik Wardayati

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×