Evolusi Tren Alis Mata 100 Tahun Terakhir, Alis Segaris Tahun 90-an Tak Terlupakan

Reporter : Tika Anggreni Purba
Editor : Ade Sulaeman

Tren alis dari masa ke masa | fashionlady.in

Intisari-online.com—Sejak tahun 2014, tren alis mata menjadi topik yang banyak diperbincangkan bahkan dijadikan bahan lelucon. Ternyata, tren alis mata mengalami evolusi dengan tren yang berbeda selama seabad terakhir. Berikut sejarah dan perkembangannya!

1. Zaman Mesir Kuno

nefertiti
Alis Ratu Mesir Kuno

Mengacu kepada bentuk melengkung alis mata Ratu Mesir, Queen Nefertiti. Alis melengkung yang dipoles tebal dengan serbuk mineral. Bahkan sejarah mendokumentasikan, ketika kucing mati di dalam rumah, semua orang di rumah akan mencukur alisnya tanda berkabung. Kalau yang mati adalah anjing, semua orang di rumah akan mencukur semua bulu di tubuhnya, termasuk rambut.

 

2. Yunani dan Romawi Kuno

Alis Romawi Kuno
Alis Romawi Kuno

Orang Yunani kuno sangat menghargai kemurnian, sehingga perempuan biasanya membiarkan saja alisnya tanpa dipertebal dan digelapkan. Sama halnya dengan orang Roma, alis yang meyatu merupakan lambang kecantikan alami. Jika seseorang tidak memiliki alis, ia biasanya membuatnya sendiri dengan cat hitam.

 

3. Zaman pertengahan

Queen Elizabeth
Queen Elizabeth

Kening merupakan bagian wajah yang sangat penting pada masa ini. Sehingga banyak perempuan yang mencukur alis bahkan bulu matanya. Tapi kemudian sekitar abad ke 15, rambut pirang kemerahan Ratu Elizabeth menginspirasi banyak perempuan untuk mewarnai alis dan rambut dengan warna yang sama.

 

4. Era Victoria

Era Victoria
Alis Era Victoria

Perempuan yang menggunakan make up yang sangat nyata dan mencolok dituduh dan dianggap sebagai perempuan prostitusi di masa ini. Sehingga banyak perempuan yang membiarkan alis matanya tumbuh lebat.

 

5. Tahun 1920-1930

Alis Clara Bow
Alis Clara Bow

Bintang muda dalam film bisu Clara Bow menjadi panutan masa itu untuk tren alis. Alis yang sangat tipis dan digaris lurus dan melengkung di bagian akhirnya. Sehingga penampilan tampak dramatik dan sendu.

Mereka menggunakan jelly petroleum dan valesin untuk membuat kesan cerah di sekitar alis mata. Tahun 20an inilah yang menjadi era pertama di mana para perempuan mulai mengikuti tren alis selebritas.

 

6. 1930-1940

Alis Jean Harlow
Alis Jean Harlow

Tren alis masih berkutat pada alis hitam dan mengkilap. Namun tidak lagi lurus kaku. Kebanyakan menunjukkan kesan dramatik. Lengkungan bulat yang sedikit memanjang. Inspirasinya dari selebritas Jean Harlow.

 

7. 1940-1950

 

Alis Lauren Bacall
Alis Lauren Bacall

Alis yang lebih lembut dan natural populer pada masa ini. Terinsipirasi dari bintang film Lauren Bacall, dengan alisnya yang tebal melengkung. Bahkan tren alis tebal yang kini sedang ramai sepertinya kembali dari masa ini. Alis tebal dengan bibir merah.

 

8. 1950-1960

Alis Marilyn Monroe
Alis Marilyn Monroe

Audrey Hepburn, Marilyn Monroe, dan Elizabeth Taylor yang menjadi inspirasi tren alis tebal kecokelatan. Kemudian ditebalkan lagi dengan menggunakan pensil alis.

 

Bersambung ke bagian dua


Sumber : ["stylecaster.com"]

Reporter : Tika Anggreni Purba
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×