Nilai Logam dan Emas dari Asteroid 16 Psyche Bisa Menghancurkan Perekonomian Dunia

  • Rabu, 18 Januari 2017 16:30 WIB

16 Psyche, Astroid yang Memiliki Nilai Logam dan Emas Mencapai 10.000 Kuadriliun US Dollar.

Intisari-Online.com- Membicarakan alam semesta mungkin tidak akan pernah habisnya. Sangking luasnya, ada saja penemuan-penemuan baru yang terungkap. Salah satunya adalah 16 Psyche. Menurut NASA, inilah salah satu obyek paling misterius di tata surya kita.

NASA menyebut letak 16 Psyche sekitar 230 juta mil atau 370 juta km dari Bumi. Spesifiknya letaknya ada diantara Mars dan Jupieter. Baru-baru ini, NASA mendapatkan gambar close-up dari asteroid kecil ini.

(93 Persen Mamalia Punah Akibat Tabrakan Asteroid yang Punahkan Dinosaurus)

Dari sana, mereka menyimpulkan jika bagian dalam dari 16 Psyche berisikan bermacam-macam logam seperti besi, nikel, logam mulia, bahkan logam langka lainnya seperti emas, platinum, dan tembaga. Bahkan nilai logam dan emasnya mencapai 8.072 kuadrilliun Euro atau 10.000 kuadriliun US Dollar (kuadriliun = 1.000.000.000.000.000).

Menariknya, NASA berencana mengunjungi asteroid ini pada 2023 tapi tidak berencana membawa berbagai alat bukti dari sana ke Bumi. Sebab, NASA tidak ingin membuat sebagai perekonomian dunia menjadi berantakan.

(1.400 Asteroid Mengarah ke Bumi)

Lindy Elkins-Tanton, ilmuan NASA dan direktur Arizona State University School of Bumi dan Antariksa mengatakan ada cara untuk mengujungi asteroid ini tapi tidak untuk membawa logam dari sana. “Nilai logam akan runtuh saat itu juga. Bahkan bisa membuat semua perusahaan ayng bergerak dibidang pertambanga, distribusi, dan perdagangan mengalami inflasi. Termasuk pemerintah,” jelasnya. Pada akhirnya perekonomoian menjadi runtuh.

Ekspidisi NASA ini direncakan akan dilakukan pada Oktober 2023 dan menyusul ke Mars pada 2025. “Saya berpikir nantinya kami akan melihat sesuatu yang benar-benar mustahil dan unik,” ungkap Elkins-Tanton.

Sumber : ["dailymail.co.uk"]

Reporter : Mentari Desiani Pramudita
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×