19 April, Akan Ada Asteroid 'Berbahaya' yang Melintasi Bumi

  • Jumat, 7 April 2017 10:00 WIB

2014 JO25 akan melintasi bumi (ilustrasi) | noticiasyactualidad.org

Intisari-Online.com – Menurut perkiraan NASA, sebuah asteroid yang berpotensi membahayakan akan melintasi bumi pada bulan ini, asteroid ini bernama 2014 JO25.

Asteroid ini ditemukan oleh ditemukan oleh para astronom di observatory Mount Lemmon Survey di Santa Catalina Mountains of Tucson, AS, pada 2014 lalu.

Menurut kalkulasi NASA, asteroid ini tepatnya akan mendekati bumi pada 19 April nanti.

(Wah! Beberapa Tahun Lagi, Orang Biasa Seperti Kita Juga Bisa Pergi ke Bulan)

Memiliki diameter sebesar 0,65 km, asteroid itu nantinya akan melintasi bumi dengan jarak 4,6 lunar distance (sekitar 1,7 juta kilometer dari bumi).

Lunar distance adalah jarak rata-rata antara bumi dengan bulan, 1 lunar distance adalah 384,402 km.

Asteroid ini merupakan asteroid terbesar semenjak Asteroid 4179 Toutatis yang melintasi bumi pada September 2004 lalu dengan kedekatan 4 lunar distance (sekitar 1,5 juta kilometer) dari bumi.

Menurut klasifikasi dari Minor Planer Centre, sebuah badan resmi yang berurusan dengan pengamatan astronomi, asteroid ini termasuk asteroid yang “berpotensi berbahaya.”

NASA juga menjelaskan, kriteria ini berdasarkan pengukuran parameter terhadap seberapa dekat asteroid tersebut akan melintasi bumi.

(Dinosaurus Punah Bukan karena Hujan Meteor)

Ron Baalke, yang bekerja di laboratorium jet NASA mengilustrasikan pergerakan asteroid ini sampai pada akhirnya mendekati bumi melalui sebuah GIF yang bisa kawan lihat dalam cuitan Ron di bawah ini:

Jarak 4,6 lunar distance (1,5 juta kilometer) memang sangat jauh jika dalam skala kehidupan sehari-hari, namun jika dalam skala tata surya, maka jarak tersebut sangatlah dekat.

Kita tidak perlu khawatir asteroid ini akan menabrak bumi, karena diperkirakan asteroid ini akan melewati bumi dengan aman.

Sumber : []

Reporter : Andrew Bari Dianto
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×