Parahnya Kerusakan Hutan Amazon

  • Jumat, 12 September 2014 15:00 WIB

Parahnya Kerusakan Hutan Amazon

Intisari-Online.com – Data satelit menunjukkan parahnya kerusakan hutan Amazon dalam dua tahun terakhir. Hal ini terlihat dari data pemerintah Brasil menunjukkan deforestasi meningkat tajam sebesar 29% dalam 12 bulan sampai akhir Juli 2013.

Berdasarkan data satelit, terlihat hampir 6.000 km2 luas hutan hujan hancur pada periode tersebut. Peningkatan terbesar ini terjadi pada negara bagian Para dan Mato Grosso, yang sebagian besar diakibatkan sektor pertanian. Di tiap negara bagian, lebih dari 1.000 km2 luas hutan telah hancur.

Otoritas Brasil mengatakan, di tahun lalu, ada peningkatan deforestasi hingga mencapai 28%. Ini merupakan masalah serius, mengingat deforestasi di negara tersebut pernah menurun selama beberapa tahun.

Adapun tingkat deforestasi yang terjadi dua tahun terakhir ini merupakan yang terburuk sejak pemerintah Brasil mulai melacak kerusakan hutan pada 2004. Saat itu, sebanyak 30.000 km2 hutan beralih fungsi.

Selain ekspansi sektor pertanian, parahnya kerusakan hutan Amazon akibat peningkatan deforestasi juga terjadi akibat pembalakan liar serta penggunaan lahan publik untuk proyek infrastruktur di Amazon, seperti jalanan dan bendungan. (BBC)

 

Reporter : Chatarina Komala
Editor : Chatarina Komala

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×