Intisari-Online.com - Hugo Barra berani meninggalkan kemapanan sebagai pejabat tinggi di Google, lalu pindah ke "kapal China" bernama Xiaomi. Ternyata, Barra tetap membara di kapal China itu dan membuat produk Xioami semakin laku di pasar dunia.
Begitu menangani Xiaomi pada 2013, dia mulai mempromosikannya. “Pertama-tama, mari mulai dengan (pengucapan) namanya,” ujar Hugo Barra dalam sebuah wawancara yang dilakukan pada 2013. Dia lantas mengucap “show me” dalam bahasa Inggris, tapi kata pertamanya dilafalkan seolah menyebut “show” pada “shower”.
Barra sedang mengajarkan bagaimana cara menyebut nama “Xiaomi” yang ketika itu baru saja merekrutnya.
Langkah Barra bergabung dengan Xiaomi terbilang mengejutkan. Sebelumnya dia menjabat posisi tinggi sebagai vice president dan spokesperson divisi Android di Google. Sementara, Xiaomi merupakan startup teknologi berusia tiga tahun yang relatif belum terlalu dikenal.
Pertama kali bergabung dengan Google pada 2008, Barra adalah salah satu sosok paling dikenal di dunia Android. Dialah yang dulu ditunjuk memperkenalkan tablet Nexus 7 di panggung Google I/O 2012.
Barra, sang pakar teknis yang piawai bicara di depan publik, juga bertanggung jawab membidani sejumlah versi OS Android, dari Honeycomb hingga Kitkat, berikut aneka smartphone dan tablet seri Nexus besutan Google.
Awal akrab dengan China
Awal perjumpaan Barra dengan Xiaomi bisa dibilang kebetulan. Pada hari kedua di Google, 2008 lalu, dia terbang ke China untuk rapat dengan para petinggi mobile Google di Negeri Tirai Bambu.
Di sana, dia bertemu Bin Lin, Co-founder dan Presiden Xiaomi, yang ketika itu merupakan Direktur Engineering Google China. Beberapa tahun kemudian, Lin meninggalkan Google untuk mendirikan Xiaomi, tapi komunikasi tetap terjalin dengan Barra yang rupanya terkesan dengan startup teknologi belia ini.
“Saya selalu mengunjungi mereka (Xiaomi) di Beijng. Ketika mereka mulai membuat ponsel, saya memboyongnya untuk diperlihatkan di Google,” ucap Barra.
Merambah dunia
Barra merupakan tokoh high profile pertama dari luar China yang digaet oleh Xiaomi. Dia didapuk sebagai kepala pemasaran global dalam upaya Xiaomi berekspansi ke pasaran internasional.
Penulis | : | Hery Prasetyo |
Editor | : | Hery Prasetyo |
KOMENTAR