Find Us On Social Media :

Tak Hanya Rumah Eko, 2 Rumah di Jakarta Ini Juga Pernah Alami Kesulitan Akses Masuk

By Intisari Online, Rabu, 12 September 2018 | 20:00 WIB

Intisari-Online.com – Akhir-akhir ini, media diramaikan informasi tentang sepetak rumah di Kota Bandung milik seorang warga bernama Eko, yang tidak memiliki akses keluar-masuk.

Sebab, rumah Eko terkepung bangunan rumah tetangga di kanan, kiri, depan, juga belakangnya.

Diketahui, Eko maupun tetangga-tetangganya mendirikan bangunan rumah permanen di atas tanah milik masing-masing. Jadi secara hukum tidak ada aturan yang dilanggar.

Akan tetapi, Eko dengan rumah di antara bangunan-bangunan itu juga memiliki hak untuk dapat mengakses lahan dan bangunan yang ia miliki.

Baca Juga : Rumah Eko Tertutup Dinding Tetangga Viral, Ini Sikap Ridwan Kamil

Permasalahan tersebut masih dalam proses penyelesaian hingga hari ini (12/9/2018) dan ditangani oleh pemerintah setempat.

Ternyata, hal itu bukan hanya dialami oleh Eko seorang. Dua rumah di Jakarta juga pernah mengalami nasib serupa.

1. Rumah di Bintaro

Baca Juga : Inilah 5 Fakta Berita Viral Rumah Eko Tertutup Dinding Tetangga

Pada 2015 sebuah bangunan berlantai 2 di daerah Bintaro, Jakarta Selatan, diblok oleh warga sekitar dengan pagar tinggi tepat di depan bangunan rumah.

Sebelum dibangun rumah, lahan kosong milik seseorang bernama Heru memiliki izin menghadap ke Jalan Mawar, di belakang komplek Perumahan Bintaro Mas.

Namun saat dibangun, Heru mendirikan bangunan dengan menghadap ke arah Jalan Cakra Negara, sejajar dengan rumah lain di kompek perumahan tersebut, bukan ke arah Jalan Mawar.

Atas ketidaksesuaian itu, warga yang menyebut dirinya sebagai Warga Peduli Bukit Mas (WPBM) menutup halaman rumah Denny dengan pagar berbahan bata ringan setinggi kurang lebih 2 meter.