Find Us On Social Media :

Benarkah Investasi di Indonesia Dikuasai Asing? Ini Fakta dan Datanya!

By Intisari Online, Rabu, 12 September 2018 | 11:15 WIB

Intisari-Online.com - Jelang Pemilihan Presiden pada 2019 mendatang, isu yang berkaitan dengan investasi asing kerap muncul.

Hal tersebut juga kerap dibumbui dengan narasi yang menyebutkan bahwa banyak perusahaan asing menguasai sumber daya alam Indonesia.

Namun demikian, Ekonom Faisal Basri justru membantah jika investasi di Indonesia didominasi oleh asing.

Jumlahnya bahkan tak sampai melebihi lima persen dari pembentukan modal tetap bruto dalam negeri.

Baca Juga : Tubuh Akan Alami Hal Ini Jika Tiap Hari Makan Nasi dan Tempe

"Sentuhan asing di Indonesia sangat kecil. Investasi di Indonesia tidak pernah didominasi oleh asing. Penanaman modal langsung oleh asing atau foreign direct investment (FDI) hanya sekitar 5 persen dari keseluruhan pembentukan modal tetap bruto (gross fixed capital formation/GFCF)," kata Faisal seperti dikutip Kompas.com dari situs pribadinya, Rabu (12/9/2018).

Jumlah FDI Indonesia terhadap GFCF-nya bahkan lebih kecil dari Malaysia yang mencapai tiga kali lipat dari Indonesia.

Pun halnya dengan Vietnam yang notabenenya sebagai negara komunis justru jumlah investasi asingnya lebih besar empat kali dibanding Indonesia selama 2011-2016.

Faisal menambahkan, peranan asing dalam pembentukan modal tetap bruto Indonesia jauh di bawah rata-rata Asia sepanjang periode observasi.

Baca Juga : Parkir 5 Hari di Bandara Soekarno-Hatta, Reza Ditagih Rp1,3 Juta! Ini penjelasan PT Angkasa Pura II

Berdasarkan data World Investment Report dan UNCTAD, rerata FDI Indonesia selama 2011-2016 hanya 5,7 persen terhadap GFCF-nya.

Sementara rata-rata FDI Asia selama periode sama adalah 6,3 persen terhadap GFCF.

Di sisi lain, jumlah investasi asing terhadap produk domestik bruto di Indonesia justru terus mengalami kenaikan sejak 1990 hingga 2016.