Find Us On Social Media :

Jet Tempur Rusia Generasi Terbaru akan Dibekali Teknologi 'Pembunuh' F-22 dan F-35

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 11 September 2018 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com- KRET, sebuah perusahaan pertahanan Rusia mengklaim telah mengembangkan prototipe sistem radar fotonik dan sedang membangunnya dalam skala penuh.

Jet tempur generasi keenam Rusia serta pesawat tanpa awak generasi berikutnya dilengkapi dengan "radar radio-fotonik" yang penting.

Jika Rusia berhasil mengembangkan sistem seperti itu, Moskow akan memiliki sensor dengan jangkauan dan resolusi yang jauh lebih besar dan cukup tinggi untuk menangkap citra tiga dimensi dari target udara.

Secara potensial, sistem radar itu dapat mengembangkan jalur kualitas senjata pada pesawat siluman jika terbukti berhasil.

Baca Juga : Beginilah Cara ISIS Menjadikan Para Perempuan sebagai Komoditas dan Budak Seks di Timur Tengah

Menurut kantor berita TASS, RTI Group Rusia diharapkan dapat menyelesaikan penelitian tahun ini.

Radar fotonik dapat menyediakan pencitraan gelombang radio ketika sebuah gambar memiliki detail yang lebih besar.

"Radio-fotonik radar akan dapat melihat lebih jauh dari radar yang ada," kata Vladimir Mikheyev, seorang penasihat wakil kepala eksekutif utama KRET.

KRET mengklaim telah mengembangkan prototipe kerja berbagai subkomponen radar fotonik mereka dan tengah membangunnya secara penuh.

Baca Juga : Jonatan Christie Ternyata Punya Niat 'Nakal' Saat Ngepel di Lapangan, Ini Pengakuannya

Sebuah radar fotonik menggantikan sirkuit elektronik lama radar konvensional dengan laser dan kemudian menghasilkan sinyal frekuensi radio berkualitas tinggi.

Sementara radar fotonik masih menggunakan gelombang radio untuk menemukan objek seperti sistem konvensional, laser dapat digunakan untuk menjangkau frekuensi hingga ratusan gigahertz.

Saat ini radar laut dan kontrol lalu lintas udara biasanya beroperasi dalam kisaran 1-12 gigahertz.