Find Us On Social Media :

Melalui Sebuah Surat Mengharukan, Jack Ma Ungkap Alasan Pengunduran Dirinya dari Alibaba

By Tatik Ariyani, Selasa, 11 September 2018 | 09:00 WIB

Intisari-Online.com - Pengusaha China, Jack Ma berbagi pelajaran penting dalam kepemimpinan ketika dia memutuskan untuk mundur sebagai ketua Alibaba, perusahaan e-commerce yang didirikannya.

Jack Ma telah memulai proses 'melewati obor Alibaba' kepada eksekutif saat ini Daniel Zhang, yang akan mengambil alih sebagai ketua dewan dalam waktu satu tahun, pada 10 September 2019.

Ma mengatakan serah terima telah direncanakan selama satu dekade dan telah membantu membentuk Alibaba menjadi raksasa e-commerce.

"Saya telah banyak memikirkan dan mempersiapkan rencana suksesi ini selama sepuluh tahun," Ma menulis sebuah surat kepada pelanggan dan pemegang saham Alibaba.

"Transisi ini menunjukkan bahwa Alibaba telah melangkah ke tingkat tata kelola perusahaan berikutnya."

Baca Juga : Jack Ma di Indonesia: Ini Isi Surat Inspiratif Sang 'Manusia Rp570 Triliun' untuk Anaknya

Ma mengatakan bahwa hal itu akan menjadi vital bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan ketika dia akhirnya melangkah turun dari dewan direksi pada tahun 2020.

"Ketika Alibaba didirikan tahun 1999, tujuan kami adalah membangun sebuah perusahaan yang dapat membuat China dan dunia bangga dan yang dapat melintasi tiga abad hingga 102 tahun terakhir," tulisnya.

"Namun, kami semua tahu tidak ada seorang pun yang dapat bertahan dengan perusahaan selama 102 tahun. Alibaba yang berkelanjutan harus dibangun berdasarkan tata kelola yang baik, filosofi budaya-sentris, dan konsistensi dalam mengembangkan bakat," katanya.

Dia menambahkan bahwa tidak ada perusahaan yang hanya dapat mengandalkan pendirinya saja.

Baca Juga : Berkaca Pada Redmi 5A dan Redmi 4A, Sejatinya Xiaomi Tidak Melakukan Perubahan

Ma juga mengatakan bahwa karena keterbatasan kemampuan dan energi, tidak ada seorang pun yang dapat menanggung tanggung jawab sebagai ketua dan CEO selamanya.

Ma telah mempersiapkan anak laki-lakinya tersebut selama beberapa tahun.