Find Us On Social Media :

Nauru, Hanya Sebuah Negara Kecil di Pasifik tapi Sangat Penting Bagi israel

By Intisari Online, Senin, 10 September 2018 | 08:30 WIB

Intisari-online.com - Mungkin banyak di antara Anda yang tak mengenal Nauru, sebuah negeri pulau kecil di Samudera Pasifik.

Nauru hanya memiliki luas 21 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 10.000 orang.

Lokasinya amat terpencil sehingga amat sulit ditemukan di peta dunia.

Begitu kecilnya Nauru sehingga seseorang bisa berkendara mengelilingi negeri ini hanya dalam waktu 30 menit.

Baca Juga : Pasukan Israel yang Perkasa Ternyata Pernah Dibikin Babak Belur Tentara Suriah dan Mesir

Namun, sekecil apa pun Nauru, sebagai anggota PBB negeri mini ini tetap memiliki satu suara dalam siang umum organisasi dunia itu. 

Hal itulah yang kemudian dimanfaatkan Israel untuk mendukung negeri itu saat PBB akan menerbitkan resolusi soal Yerusalem pada akhir tahun lalu.

Ternyata dua pekan sebelum sidang umum PBB pada 22 Desember 2017 yang membahas masalah Yerusalem digelar, Israel memberikan bantuan berupa sistem pengelolaan air kotor bagi Nauru.

Harian terbitan Israel, Yedioth Ahronoth mengabarkan, Kemenlu Israel menyetujui pembelian mesin pengelolaan air kotor bernilai 72.000 dolar AS tanpa melalui proses tender.

Baca Juga : Berpaspor Israel, Nas Daily Tak Bisa ke Indonesia: Ini 4 Negara yang Tak Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel

"Nauru adalah negara pulau terkecil di dunia baik dalam hal luas wilayah maupun jumlah penduduk dan memiliki hubungan dekat dengan Israel," demikian Komite Tender Kemenlu Israel seperti dikutip harian Yedioth Ahronoth.

"Presiden Nauru meminta kepada perdana menteri agar diberi bantuan berupa sistem pengelolaan air kotor yang dibutuhkan negeri itu," tambah komite.

"Biaya seluruh proyek ini sudah termasuk ongkos penerbangan, akomodasi, dan biaya hidup tim yang membangun sistem itu, termasuk ongkos kirimnya," lanjut komite.