Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Lulusan Keguruan, Lulusan Kedokteran Juga Banyak yang Nganggur!

By Adrie Saputra, Jumat, 7 September 2018 | 17:30 WIB

Intisari-Online.comPengangguran di Indonesia mengalami penurunan dari sebelumnya sebesar 5,81 persen pada Februari 2015 menjadi 5,33 persen pada Februari 2017.

Meskipun tingkat pengangguran memang terlihat menurun, tapi proporsi pengangguran dari penduduk berpendidikan tinggi semakin meningkat.

Mengutip dari Kompas.com, kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, pertambahan jumlah pengangguran tersebut disebabkan oleh peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia.

"Setahun terakhir, pengangguran bertambah 10.000 orang menjadi 7,04 juta di Agustus 2017," ujar Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (6/11/2017).

Baca Juga : 'Karang Bunuh Diri', Tempat Ribuan Tentara Jepang Bunuh Diri karena Malu Setelah Kalah Perang

Parahnya, ternyata justru yang berpendidikan tinggi semakin kesulitan mencari pekerjaan.

Dalam sebuah kesempatan, Ketua Umum PGRI Dr. Unifah Rosyidi M.Pd menyebut, terkait sumber daya manusia bidang pendidikan kondisinya juga memprihatinkan.

"Sebab dari produksi program studi kependidikan yang terserap menjadi guru murni kurang dari 20 persen."

"Kita darurat kekurangan guru," katanya.

Lebih mirisnya bukan hanya lulusan pendidikan (guru), kini calon dokter rupanya juga cukup dibuat pusing mencari kerja.

Mengutip dari Tribunnews.com, M Ichsan Fathillah, Mahasiswa Kedokteran Muhammadiyah Jakarta, menyesalkan tiga rekan sejawatnya yang mengalami depresi akibat tak kunjung lulus uji kompetensi.

Baca Juga : Minum Campuran Bayam, Wortel, dan Lemon di Pagi Hari Saat Perut Kosong, Racun dalam Tubuh Hilang

"Kami mencatat ada 2.500 sarjana kedokteran kesulitan menjadi dokter karena tidak lulus Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)," kata Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Bambang Supriyatno dalam diskusi Menata Cetak Biru Sumber Daya Iptek Dikti Menuju Indonesia Emas, di Jakarta belum lama ini.