Stroke Bisa Serang Anak Muda, Ini Cara Kenali Gejala dan Pencegahannya

Muflika Nur Fuaddah Minggu, 9 September 2018 | 13:00 WIB
Ilustrasi (vadimguzhva)

Intisari-Online.com- Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang berisiko mengancam nyawa.

Sebelum penyakit ini menyerang kita atau kerabat terdekat, ada baiknya kita mengenali gejalanya agar dapat terhindar dari risiko kematian.

Menurut dr. Alsyahrin Manggala Putra Syarif, Kepala Emergency RS Siloam Buton, Sulawesi Tenggara, ketika seseorang menunjukkan gejala awal Transient Ischaemic Attack (TIA) atau stroke ringan, sebaiknya segera mendapat perawatan untuk menghindari risiko cacat hingga kematian.

Stroke ringan biasanya ditandai dengan senyum mencong, gerakan kaki dan tangan lemah atau lumpuh, suara pelo (cadel) atau kesulitan berbicara.

Baca Juga : Terkena Stroke, Pria Ini Malah Jadi Punya Bakat Melukis, Bahkan Lukisannya Laku Rp7,3 Juta!

Tak hanya itu juga ada rasa kebas atau lemas seisi tubuh dan sekitar mulut, penglihatan ganda tiba-tiba pada sebelah mata, keseimbangan terganggu, kesadaran menurun, muntah, dan sakit kepala.

"Nah, apabila terdapat gejala tersebut dan sudah terakumulasi, kami harap agar anggota keluarga segera menghubungi layanan call centre kami, karena setiap detik sangat berharga untuk saraf," ujar Alsyahrin dijumpai Sabtu (1/9/2018).

Dokter Spesialis Saraf Siloam Hospital Buton, dr La Ode Muh Fatahillah menambahkan, penyakit stroke sebenarnya tidak hanya menyerang usia lanjut.

Mereka yang usianya masih muda dan memiliki pola hidup tidak sehat juga rentan mengidap penyakit ini.

Baca Juga: Larangan Menikah di Bulan Suro Bukan Hanya tentang Buang Sial, tapi Ada Maksud Lain di Baliknya

Penulis : Muflika Nur Fuaddah
Editor : Yoyok Prima Maulana