Find Us On Social Media :

Benarkah Kucing Bisa Membuat Wanita Jadi Mandul dan Susah Hamil?

By Aulia Dian Permata, Minggu, 9 September 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda mendengar mitos tentang kucing yang bisa membuat seorang wanita susah hamil alias tidak subur?

Selama ini banyak masyarakat yang menganggap wanita, terutama yang sedang menjalani program hamil sebaiknya tidak melakukan kontak fisik dengan kucing.

Sebab, kucing sering disebut sebagai pembawa parasit toksoplasma yang menurut masyarakat bisa menyebabkan kesuburan wanita terganggu.

Tapi benarkah hal itu? Atau hanya mitos belaka?

Baca Juga : Menguak Sindikat Pembunuh Bayaran Paling Terkenal di Dunia, Omsetnya Ratusan Milyar Pertahun

Toksoplasma adalah parasit yang memang bisa disebarkan melalui kotoran kucing. Tapi bukan hanya kucing yang membawa parasit ini.

Toksoplasma juga bisa menginfeksi manusia melalui daging yang tidak dimasak sempurna (terutama daging kambing), sayuran mentah yang tidak dicuci dengan bersih, kotoran tikus, dan hewan mamalia lain.

Khusus untuk kucing, kita akan membahasnya lebih dalam lagi.

Parasit toksoplasma terdapat pada kotoran kucing dan bukan dari air liur atau bulunya.

Baca Juga : Selama 14 Tahun, Kucing Ini Jadi Satu-satunya Makhluk yang Boleh Menginjak Lokasi Sakral di Turki

Tokso pada kotoran kucing bisa menginfeksi manusia jika masuk melalui mulut. Itu artinya, Anda harus mencuci bersih tangan Anda setelah membersihkan bak pasir atau kandang kucing peliharaan Anda.

Toksoplasma juga bisa menyerang pria, lho! Bukan hanya wanita saja.

Dikutip dari Nakita, Dr. Farah Dina, SpOG, dari RS Hermina, Bogor menjelaskan bahwa kucing tidak akan memengaruhi kesuburan perempuan.