Find Us On Social Media :

Benarkah Nasi Dipanaskan dalam Magic Com Lebih dari 12 Jam Berubah jadi Racun? Ini Fakta Sebenarnya!

By Intisari-online, Minggu, 2 September 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Informasi mengenai nasi yang berubah menjadi racun ketika dipanaskan lebih dari dua belas jam di dalam magic com tengah viral dalam aplikasi percakapan.

Berdasarkan penelusuran National Geographic Indonesia, isu ini sebenarnya sudah pernah muncul dan viral pada tahun 2016.

Saat itu, pembahasan mengenai kebenaran informasi di dalamnya pun sudah banyak dilakukan. Namun tetap saja, informasi ini terus beredar.

Berikut kutipan broadcast Whatsapp tentang rumor nasi yang dipanaskan di magic jar lebih dari 12 jam berubah jadi racun:

Baca Juga: Susunan Acara Lengkap dan Link Live Streaming Closing Ceremony Asian Games 2018, Acaranya Dijamin Spektakuler!

"Keluarkan nasi dari rice cooker kalau sdh matang. Kalau lebih dari 12 jam menjadi pemicu diabetes.H

Istilahnya, saya sayang anak tapi saya pula yang setiap hari memberi anak racun. Dengan info ini, saya sangat berterima kasih pada sekolah Zara (anak saya yang masih TK) karena telah mendatangkan seorang konsultan kesehatan, Pak Anto dari Lembaga Konsultan Kanker Indonesia.

BAHAYA NASI DARI MAGIC COM

Ini adalah fakta pertama yang membuat saya shock. Tapi syukurlah kalimat tersebut hanya kalimat pembuka Pak Anto saja. Karena nyatanya nasi dari magic com boleh dimakan. Namun dengan syarat, tidak boleh lebih dari 12 jam di dalam magic com dengan kondisi terus terusan dihangatkan.

"Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam ia akan berubah menjadi racun”, kata Pak Anto memperingatkan. Sehingga ketika memasak nasi dan sudah matang, ia menyarankan untuk mengeluarkan nasi tersebut dari magic com dan dipindahkan saja di tempat nasi."

Pakar gizi, Jansen Ongko, MSc, RD, dikutip dari Detik mengatakan bahwa tidak ada efek signifikan mengenai jangka waktu pemanasan nasi di dalam magic jar dengan kesehatan.

"Selama tidak terkontaminasi dan disimpan dengan baik, nasi aman untuk dikonsumi," ucap Jansen lebih lanjut.

Mengenai kadar gula dalam nasi, seorang peneliti dari Wageningen University, Prof. Edith Feskens, mengatakan bahwa nasi yang lengket atau dimasak lama, memang memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan nasi yang kering.