Find Us On Social Media :

Jokowi Absen di Penutupan Asian Games 2018 dan Pilih Nonton Bareng Korban Gempa Lombok

By Intisari-online, Minggu, 2 September 2018 | 10:15 WIB

Intisari-Online.com - Presiden Joko Widodo memastikan ia tidak akan menonton closing ceremony Asian Games 2018 dari Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam.

Sebab, Jokowi akan berangkat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk melakukan peninjauan proses rehabilitasi pascagempa pada Minggu (2/9/2018) pagi ini.

"Saya besok (hari ini) akan ke Lombok, NTB, pagi," kata Jokowi di Jakarta, Sabtu (1/9/2018) malam. Kendati demikian, Jokowi memastikan ia tidak akan ketinggalan menonton closing ceremony Asian Games 2018.

Baca Juga: Kejutan Penutupan Asian Games 2018: Jack Ma Akan Ikut Tampil di Panggung Lho!

Sebelumnya beredar rumor bahwa Jokowi akan menampilkan aksi kejutan di acara penutupan, tapi rumor itu jelas tidak benar karena Jokowi tidak hadir.

Hanya saja, ia kali ini akan menonton acara tersebut dari layar kaca bersama warga Lombok.

"Ya, besok (nobar) di sana," kata Jokowi.

Menurut rencana, Jokowi akan berada di Lombok selama dua hari.

Baca Juga: Tiket Penutupan Asian Games Lebih Murah Dibanding Pembukaan, Ini yang Membuatnya Berbeda!

Dalam kunjungan yang ketiga kalinya ini, Jokowi akan fokus memantau proses rekonstruksi pascagempa.

Pemerintah sudah menetapkan besaran bantuan. Bagi rumah yang rusak berat, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta.

Bagi rumah yang rusak sedang, jumlah bantuan mencapai Rp 30 juta dan untuk rumah rusak ringan, jumlah bantuannya mencapai Rp 10 juta.

Rencananya, rumah yang akan dibangun kembali untuk masyarakat Lombok adalah rumah dengan jenis tahan gempa alias "Risha" (Rumah Instan Sederhana Sehat). (Ihsanuddin)