Find Us On Social Media :

Empat Pesawat Bomber B-52 Milik AS Melintas di Laut China Selatan, Apakah Ini Peringatan Perang?

By Tatik Ariyani, Sabtu, 1 September 2018 | 10:00 WIB

Intisari-Online.com - Beberapa Bomber AS B-52H Stratofortress pesawat bomber jarak jauh telah terbang melintasi Laut China Timur dan Selatan beberapa kali pada bulan Agustus.

Hal itu seolah mengirim sebuah pesan yang jelas kepada penantang potensialnya.

Empat penerbangan yang melibatkan tidak lebih dari dua bomber setiap kali dilakukan di laut yang disengketakan, sebagai bagian dari misi Continous Bomber Presence (CBP) Indo-Pacific Command.

Dua B-52 yang ditugaskan pada Expeditionary Bomber Squadron (EBS) ke-96 berpartisipasi dalam latihan anti-kapal selam bersama dua pesawat Poseidon p-8 Angkatan Laut AS pada 1 Agustus di Laut China Timur.

Baca Juga: 3 Juta Bayi Afrika Meninggal dalam Dua Dekade Terakhir, Apa Sebabnya?

Baca Juga: Misteri 'Kesatria Hitam', Benda Aneh yang Mengorbit Bumi Selama 50 Tahun

Mayor John Radtke, perencana misi EBS ke-96 menjelaskan, "Pada akhirnya, itu meningkatkan kesiapan kami untuk melayani sebagai kekuatan jera dan kehadiran yang dapat dipercaya di dalam medan perang."

Urusan publik PACAF (Pacific Air Forces) mengatakan bahwa satu bomber B-52 keluar dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guan berpartisipasi dalam misi pelatihan CBP di Laut China Timur pada 22 Agustus.

Dua lagi B-52 dengan EBS 96 melakukan operasi CBP di Laut Cina Selatan pada 27 Agustus.

Tidak jelas apakah pada bomber terbang melewati wilayah pendudukan China di daerah itu.

Baca Juga: Ciaaaaaaat! Silat Nampon Tak Hanya untuk Pertarungan tapi Juga Mengusir Penyakit

Penerbangan itu awalnya terdeteksi oleh Aircraft Spots di situs pelacakan pesawat militer online.

Data pelacakan penerbangan terbaru di situs itu menunjukkan bahwa dua lagi B-52 melakukan latihan di Laut China Selatan pada Kamis (30/8), yang berarti bomber Amerika telah aktif di perairan yang disengketakan dua kali dalam seminggu terakhir.