Berniat Tenangkan Pasar, Presiden Argentina Malah Buat Blunder yang Bikin Rakyat Panik

Intisari Online Jumat, 31 Agustus 2018 | 10:00 WIB
Presiden Argentina Mauricio Macri ()

Intisari-Online.com - Maksud hati membuat pasar tenang, namun justru Presiden Argentina Mauricio Macri membuat blunder yang membuat pasar keuangan Argentina makin panik.

Setelah tujuh hari berturut-turut peso Argentina turun dalam, Presiden Argentina Mauricio Macri pada Rabu (29/8), memutuskan membuat pidato yang langka untuk meyakinkan pasar bahwa Argentina tidak kesulitan membayar utangnya.

Dalam pidato selama dua menit di televisi, Macri juga mengumumkan kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mempercepat pencairan pinjaman sebesar U$ 50 miliar.

Nah, pengumuman ini malah meningkatkan alarm tentang kemampuan Argentina untuk membiayai dirinya sendiri dan mendorong penurunan kurs peso.

Baca juga: Inilah Pohon Beringin Terbesar di Dunia, Saking Besarnya Sampai Membentuk Hutan Sendiri

IMF sendiri tak segera merespon pengumuman Macri tersebut. Meski pada akhirnya IMF menyatakan sedang mempertimbangkan mempercepat pembayaran karena kondisi pasar yang buruk.

Seorang pejabat senior Kementerian Keuangan Argentina seperti dikutip Reuters mengatakan, Macri telah berbicara dengan para pemimpin negara-negara pemegang saham utama IMF pada Selasa lalu (28/8), sebelum ia berpidato di televisi.

Namun pejabat itu mengakui bahwa Argentina bergegas mengumumkan pengumuman itu setelah beberapa hari menghabiskan banyak cadangan devisa namun tetap gagal menstabilkan peso.

"Apa yang Presiden inginkan adalah untuk memberikan pesan yang meyakinkan di pasar terbuka bahwa perjanjian itu dilakukan," kata pejabat itu kepada Reuters.

Baca juga: Mel B Lakukan Rehabilitasi karena Kecanduan Seks: Ini Kecenderungan Umum dan Cara Mengatasinya

Source : kontan.co.id
Penulis : Intisari Online
Editor : Ade Sulaeman