Find Us On Social Media :

Bertengkar dengan Saudara Ternyata Punya Manfaat Positif, Apa Saja?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 27 Agustus 2018 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com - Jika masa kecil Anda dipenuhi oleh persaingan dan pertengkaran dengan saudara, maka hal itu tidak akan membuat kepribadian Anda hancur.

Memiliki saudara kandung memang berarti Anda harus selalu bertengkar dengan mereka.

Bahkan, biasanya saudara tua lebih mendominasi atas adik-adiknya.

Jadi, adakah manfaat positif dari pertengkaran terus-menerus dengan saudara kita ini?

Baca Juga: Tamu Undangan Tak Menyangka, Sajian Katering Pernikahan Manfaatkan Makanan Sisa Demi Menekan Biaya

Menurut para peneliti di University of Cambridge, perseteruan antar saudara ini adalah alasan bagi pertumbuhan mental dan emosional yang baik dalam kehidupan.

Dinamakan 'Toddlers Up', penelitian lima tahun tersebut juga mengungkap fakta kebiasaan bertengkar dengan saudara sama dengan membangun keterampilan sosial individu itu.

Menurut penelitian, pertengkaran bukanlah masalah, selama anak-anak mempraktikkan keahlian verbal dalam perkelahian dan tidak mengakibatkan satu anak akan tunduk pada yang lain.

Penelitian ini melibatkan 140 anak untuk diamati hingga sampai pada kesimpulan bahwa pertengkaran pada masa kanak-kanan ternyata dapat membantu seseorang menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: Senapan Serbu SS1-V2, Senjata Andalan Satreskrim Polri yang Bikin Nyali para Preman 'Runtuh'

"Semakin banyak saudara kandung yang agresif, semakin banyak mereka berdebat, semakin anak yang tua menyerang yang lebih muda, maka semakin mereka mempelajari pelajaran kompleks tentang komunikasi dan seluk-beluk bahasa," kata Dr Claire Hughes, Wakil Direktur di Pusat Penelitian Keluarga Universitas Cambridge.

Namun, perkelahian antar saudara ini tentu ada batasannya juga.

Jika mereka sudah lepas kendali, orang tua harus ikut campur untuk melerai.