Find Us On Social Media :

Hei Kaum Muda, Ingin Memulai Bisnis? Ini Pesan Jokowi Untuk Anda

By Intisari Online, Minggu, 26 Agustus 2018 | 13:15 WIB

Intisari-Online.com – Presiden Joko Widodo mendorong anak- anak muda di Indonesia untuk berani mengambil peluang dalam memulai bisnis.

Hal itu diungkapkan Presiden di depan seribuan anak muda dari penjuru Indonesia yang hadir dalam acara 'Young on Top National Conference 2018', di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (25/8/2018).

"Untuk anak-anak muda, mulailah kalau ingin berusaha cepat mulailah. Tetapkan ide, tetapkan jenis usaha yang ingin kita kerjakan, tentukan tujuan, mau ke mana bisnisnya," ujar Jokowi.

Meski demikian, Presiden juga mengingatkan anak-anak muda yang berani memulai bisnis itu tetap harus melakukan perhitungan yang matang.

Baca juga: Hubungan Semakin Baik, Presiden Turki Undang Vladimir Putin Makan ‘Seafood’ Bersama

Berdasarkan pengalaman Jokowi menggeluti dunia bisnis meubel, perhitungan itu bisa dilakukan dengan penelitian dan survei.

"Kalau punya duit, survei gede-gedean. Harus ada, harus ilmiah, disurvei betul-betul sehingga kita ini punya kalkulasi-kalkulasi, perhitungan-perhitungan baik dalam menentukan lokasi, atau di dalam menetapkan jenis bisnis yang akan kita kerjakan," ujar Jokowi.

"Kalau saya mengurus bisnis, pakai feeling saja, wah ini peluang, langsung saya putuskan, bisa. Tapi, kalau pemula, memang harus melakukan itu (survei)," ujar dia.

Soal risiko kegagalan, Jokowi mengatakan, pasti ada.

Oleh sebab itu, diperlukan penelitian atau survei terlebih dahulu sebelum memulai usaha agar potensi kegagalan dapat diminimalisir.

"Risiko yang tidak terkalkulasi itu namanya ngawur, nabrak-nabrak namanya. Harus dikalkulasi ya. Kalau kalkulasinya luput, ada risikonya ya itu bisnis. Tapi, tetap harus dihitung benar-benar semuanya ya," ujar Jokowi. (Fabian Januarius Kuwado)

(Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Ini Motivasi Jokowi untuk Anak Muda yang Ingin Memulai Bisnis")

Baca juga: Hubungan Dengan Rusia-China Memanas, AS Aktifkan Armada Laut Era Perang Dingin