Tu-95, Pengebom Nuklir Rusia Paling Sangar yang Gemar Gentayangan Menerobos Wilayah Lawan

Agustinus Winardi Kamis, 23 Agustus 2018 | 11:15 WIB
Profil pembom nuklir Tu-95 Rusia (defence-blog.com)

Intisari-Online.com - Meski sudah bisa memproduksi pesawat pembom nuklir berteknologi siluman, Rusia masih memiliki pesawat pembom nuklir tua bermesin baling-baling yang suaranya sangat bising, yakni Tu-95.

Selain memiliki suara sangat bising yang berasal dari keempat mesinnya, Tu-95 yang bersayap datar itu juga merupakan pesawat pembom nuklir Rusia yang bertampang paling sangar.

Pasalnya ketika sedang terbang, Tu-95 bak beruang terbang dengan beragam senjata berupa rudal dan bom nuklir yang bergelantungan di kedua sayapnya.

Dalam sekali misi terbang, Tu-95 bisa membawa 8 jenis rudal nuklir dengan berat total 15 ton.

Baca juga: Gawat, Gagal Uji Coba, Rudal Nuklir Rusia Malah Hilang di Laut

Suara keempat mesin Tu-95 yang meraung makin keras menandakan bahwa si beruang terbang sedang membawa banyak senjata dan siap menciptakan ‘kiamat’ di dunia.

Sebagai pesawat pembom strategis yang mampu menempuh jarak 7000 km tanpa mengisi bahan bakar ulang, Tu-95 memang bisa menyerang negara mana saja.

Apalagi setelah menjalani program up grade, Tu-95 kerap secara sengaja terbang gentayangan nyaris menerobos wilayah lawan.

Pada 12 Mei 2018 satu unit Tu-95 yang terbang bergentayangan di wilayah Alaska dan nyaris menerobos ruang udara AS, dengan cepat dihadang dua jet tempur siluman F-22 Raptor.

Baca juga: Makin Menegangkan, Tahun Depan Rusia Kirim Sistem Rudal S-400 ke Turki

Source : rt.com,militaryfactory.com
Penulis : Agustinus Winardi
Editor : Ade Sulaeman