Find Us On Social Media :

Negeri Sembilan Malaysia Tenyata Mengadunya ke Minangkabau Juga

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 23 Agustus 2018 | 10:00 WIB

Intisari-Online.com - Sebagai negara yang bertetangga, hubungan Indonesia dengan Malaysia telah mengalami banyak pasang surut sepanjang sejarah.

Memiliki berbagai macam hasil kebudayaan yang hampir seragam, bukan tidak mungkin bahwa keduanya pernah menjalin hubungan harmonis sebelumnya.

Benar saja, salah satunya adalah Negeri Sembilan, salah satu negara bagian dalam federasi Malaysiaa yang memiliki pertautan sejarah dengan kerajaan Minangkabau di Sumatera, Indonesia.

Pakaian adat, bentuk rumah, upacara, dan sistem sosial di antara keduanya pun mirip.

Baca Juga: Inilah Serda Ambar, Paspampres Cantik Asal Sidoarjo yang Curi Perhatian Warganet Indonesia

Bahkan di balik itu, ternyata sejarah juga menyimpan jejak rekam putra minang yang menjadi raja di Negeri Sembilan.

Studi oleh Mestika Zed "Hubungan Minangkabau dengan Negeri Sembilan," mengungkap sebuah fakta.

Yakni jauh sebelum negara-negara bangsa terbentuk, sekitar abad 16 wilayah-wilayah baik di Indonesia atau Malaysia masih berbentuk kerajaan yang otonom.

Penelitian oleh Josselink de Jong menunjukkan bahwa sejak awal abad ke-16 dan bahkan jauh lagi sebelumnya, orang-orang Minangkabau telah terbiasa merantau menyebar ke Semenanjung Melayu.

Perpindahan orang Minang ke Semenanjung semakin pesat bersamaan dengan lalu-lintas perdagangan emas dan lada Minangkabau ke Malaka.

Sebelum Negeri Sembilan terbentuk, di Pelabuhan Malaka sudah berdiri kerajaan besar yang menjadi tempat perantau Minang untuk menetap dan berdagang.

Seiring berjalannya waktu dan rombongan perantau semakin banyak berdatangan, mereka akhirnya mulai mengelompok.

Baca Juga: Tutupi Jaket Dengan Bendera Saat Terima Medali, Atlet Asian Games China Ini Diduga Punya Motif 'Menghebohkan'