Find Us On Social Media :

Menurut Sains, Ternyata Ini Penyebab Banyak Pria Berstatus 'Jomblo'

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 19 Agustus 2018 | 09:45 WIB

Intisari-Onlie.com - Saat para pria ditanya mengapa jomblo, mereka menjawab dengan berbagai alasan.

Ada yang mengaku kurang pandai membuka obrolan, tidak percaya diri, penampilan yang buruk, malu, hingga pengalaman buruk dalam menjalin suatu hubungan.

Meski ada banyak faktor, sebuah studi mengungkap bahwa pria jomblo sebenarnya mengalami kurangnya evolusi keterampilan sosial.

Dalam temuan yang terbit di Evolutionary Psychological Science, Rabu (8/8/2018), para ahli melihat tanggapan dalam postingan anonim di Reddit yang melontarkan pertanyaan, "Guys, mengapa kamu jomblo?".

Baca Juga: Pria Ini Sembunyikan Jasad Istri dan Dua Putrinya di Dalam Tangki Minyak Agar Tak Tercium, Kejam!

Salah satu penulis studi Menelaos Apostolou, melihat ada 13.429 tanggapan terkait pertanyaan itu.

Kemudian Apostolou mengkategorikan ribuan tanggapan tersebut menjadi 43 alasan utama, termasuk kecemasan, kurangnya waktu, menikmati masa lajang, takut akan hubungan, dan mudah menyerah.

Setelah melihat kategori tersebut, Apostolou menyimpulkan bahwa semua alasan itu disebabkan oleh kemampuan sosial pria yang tidak bisa mengikuti perubahan di masyarakat.

"Pria lajang modern sering kurang mampu untuk mendekati perempuan, karena dalam konteks pra-industri leluhur, mekanismenya perkawinan itu diatur dan mereka tidak bisa memilih pasangan sendiri," kata Apostolou dilansir IFL Science, Kamis (9/8/2018).

"Hal seperti itu tidak dibutuhkan saat ini. Sebab, masyarakat pascaindustri bisa memilih pasangan secara bebas dan tidak dipaksakan, masing-masing orang harus mencari pasangan sendiri," ujarnya.

Seiring berkembangnya zaman, Apostolou mengklaim bahwa pria tidak lagi harus melakukan perjodohan atau memaksakan hubungan, sehingga pria berjuang untuk mencari pasangan sendiri.

Menurutnya, ini merupakan aturan dalam mencari pasangan yang relatif baru dalam sejarah spesies kita.

Baca Juga: Dibeli Jokowi Seharga Rp67 Juta untuk Kurban, Sapi Ini Dirawat Bak Bayi