Find Us On Social Media :

Demi Tangkal China dan Rusia, Amerika Bikin Angkatan Keenam: Angkatan Luar Angkasa

By intisari-online, Senin, 13 Agustus 2018 | 17:20 WIB

Intisari-online.com - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengungkapkan alasan mengapa pembentukan Pasukan Luar Angkasa harus segera dilakukan.

Diwartakan Sky News (9/8/2018), Pence menyebut adanya ancaman dari China dan Rusia menjadi penyebab harus segera dibentuk cabang keenam militer AS itu.

Berpidato di Pentagon, wapres berusia 59 tahun itu menyebut China dan Rusia mengembangkan sebuah fasilitas anti-satelit secara agresif.

"Mereka mengembangkan sebuah fasilitas yang bisa mengarahkannya ke negara kita, dan memberikan ancaman bagi angkasa kita," tegas Pence.

Baca juga: Rusia Mengumumkan Uji Coba Senjata Nuklir Baru dengan Jangkauan ‘Tak Terbatas’ Setelah Pertemuan Trump-Putin

SCMP melaporkan, Pence memberi contoh Rusia dan China mengembangkan senjata seperti laser yang bertujuan mengurangi efektivitas militer AS.

Pence melanjutkan, dia membutuhkan dukungan dari Partai Republik maupun Demokrat untuk memuluskan pembentukan divisi luar angkasa itu.

Menteri Pertahanan Jim Mattis awalnya menentang pembentukan cabang militer terbaru itu dengan menyatakan "picik dan terbatas".

Baca juga: China Bikin Senjata Laser yang Bisa Membakar Kulit, Turki Bikin Senjata Laser yang Bisa Menembus Baja, AS pun Ketakutan

Namun, dia akhirnya melunak. Dia menyatakan kini AS perlu mempertimbangkan luar angkasa sebagai salah satu zona perseteruan.

"Kami sepenuhnya sepakat dengan fokus presiden bahwa melindungi angkasa bisa melindungi keamanan maupun ekonomi kami," paparnya.

Pence menambahkan pembentukannya bakal dilakukan tahun depan dengan estimasi selesai 2020, atau di akhir jabatan Presiden Donald Trump.

Terakhir kali AS membentuk cabang militer terbaru adalah Angkatan Udara pada 1947 silam, di mana mereka juga mencakup Komando Angkasa.