Find Us On Social Media :

JAS-39 Gripen Swedia: Jet Tempur Mematikan yang Murah, Perawatannya Mudah, dan Bisa Membunuh Apa Saja

By Intisari Online, Minggu, 19 Agustus 2018 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com - Berbicara tentang pasar pesawat tempur, jet-jet tempur kelas atas nan kompleks seperti F-35, Dassault Rafale, dan Eurofighter Typhoon-lah yang banyak mendominasi.

Sementara bagi beberapa negara yang tidak begitu mesra dengan Barat, pesawat-pesawat Rusia dan China adalah rujukan utamanya.

Di luar itu, sebenarnya ada pasar pesawat lain yang juga menggiurkan. Murah dan, lebih penting lagi, bisa membunuh apa saja.

Benar, yang kita maksud adalah JAS-39 Gripen buatan Swedia, yang pertama kali muncul pada 2015 lalu.

JAS-39 adalah jet tempur generasi tempur yang sangat murah.

Baca juga: Jet Tempur F-35, Dulu Paling Mematikan di Dunia Sekarang Jadi Jet Paling Aman

Pesawat ini awalnya dikembangkan Swedia pada 1980-an—sebagai bagian dari mempertahankan kebijakan Swedia sebagai negara yang netral.

Pesawat ini dirancang dengan mesin yang murah, mudah dipelihara, dan lebih itu dari, dirancang untuk mampu melawan segala macam rintangan.

Sifat-sifat tersebut di atas menjadikan JAS-39 dilirik oleh banyak negara seperti Thailand, Brasil, Afrika Selatan, Republik Ceko, dan Hungaria.

Ada kemungkinan lebih banyak negara lagi yang akan berpaling ke jet tempur ini. Kroasi, FInlandia, dan Bulgaria adalah beberapa di antaranya.

Seperti disebut di awal, Swedia mulai mengembangkan Gripen pada 1979 sebagai suksesor J-35 Draken dan JA-37 Viggen.

Dua jenis pesawat itu harus diakhiri riwayatnya karena beragam pertimbangan dan syarat baru sebuah jet tempur—salah satunya pesawat harus mampu beroperasi dari ketinggian 2.600 kaki.

Si pengganti itu berwujud pesawat bermesin tunggal, satu kursi, yang didukung oleh Volvo-Flygmotor RM12—turunan dari General Electric F404.