Anak Campak Enggak Boleh Mandi Itu Mitos! Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Intisari Online Rabu, 11 Juli 2018 | 09:30 WIB
Anak campak boleh mandi kok (cdn.newsapi.com.au)

Intisari-online.com - Seorang ibu menangis tersedu-sedan di depan jasad anaknya.

Bocah kesayangan yang tadinya divonis "hanya" kena penyakit campak (measles) itu akhirnya dipanggil pulang oleh Yang Maha Kuasa.

Tangis si ibu makin tak tertahan setelah tahu, kematian itu justru datang dari kelalaiannya mencermati perkembangan penyakit campak si anak.

Ia mengaku menyesal membiarkan anaknya kekurangan gizi dan malnutrisi.

Lo, kok nyerempet soal gizi? Ya. Pada penderita campak, kondisi tubuh yang lemah dapat mendatangkan komplikasi.

Infeksi saluran pernapasan bagian atas yang sudah diderita akan menjalar ke saluran pernapasan bagian bawah, bronchus, dan paru-paru, sehingga terjadi bronchitis dan paru-paru basah (pneumonia long onsteeking), yang terutama disebabkan infeksi sekunder kuman-kuman.

Ibu itu tidak tahu, untuk menaklukkan campak tubuh harus kuat. Makanan bergizi wajib dikonsumsi, terutama yang mengandung daging, susu, atau telur.

Makanan atau minuman bergula dihindari, karena untuk mencerna makanan dan minuman bergula butuh banyak vitmain, terutama vitamin B. Kalau makanan atau minuman bergula tetap saja dikonsumsi, tubuh akan kekurangan vitamin.

Berkurangnya vitamin dalam jumlah banyak dapat memperlemah tubuh secara langsung, karena pembentukan sel darah, terutama sel darah putih, terhambat.

Padahal, sel darah putih itulah yang berperan langsung dalam pembentukan kekebalan tubuh. Campak sendiri ditularkan oleh percikan ludah.

Penulis : Intisari Online
Editor : Moh. Habib Asyhad