Kisah Pemain Timnas yang Dijadikan 'Boneka' oleh PKI demi Menangkan Pemilu

Afif Khoirul M Sabtu, 30 Juni 2018 | 13:30 WIB
Kenangan Sepakbola Indonesia (Football Tribe)

Intisari-Online.com - 30 Sepetember 1965, dikenang sebagai salah satu peristiwa memilukan paling bersejarah di Indonesia.

Saat itu sebuah pemberontakan yang berusaha merongrong kedaulatan RI dengan menggunakan nama Partai Komunis Indonesia (PKI) tengah terjadi.

Dengan adanya pemberontakan tersebut, tentu ada gejolak didalam tubuh pemerintahan Indonesia, hingga akhirnya banyak upaya dikerahkan untuk menumpas pemberontakan tersebut.

Lalu, apakah PKI juga berpengaruh terhadap sepak bola Indonesia saat itu?

Baca Juga : Buku Ini Pernah Jadi ‘Medan Pertempuran’ Antara ‘PKI’ dan Pancasila

Baca Juga : Inilah Kisah Lain dari Dyah Putri Utami, Pengantin Baru yang Tuliskan 'Suamiku Selamat Jalan'

Tentu saja jelas, sebab sepak bola Indonesia hingga kini memang terkenal kenal, dan acap kali disebut-sebut kental dengan dunia politik.

Bahkan, Ir Soekarno semepat menyebut sepak bola sebagai 'alat revolusi', bahkan PKI juga demikian, dan pada masa jayanya sempat menggunakan sepak bola, sebagai alat kepentingan politik mereka.

Mungkin, tidak secara terang-terangan, bagaimana pesepakbola di negara lain, secara terang-terangan memperlihatkan ideologi sayap kiri.

Bisa jadi pesepakbola yang kini Anda saksikan, juga memiliki ideologi sayap kiri yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya, mengingat situasi politik saat ini.

Source : berbagai sumber
Penulis : Afif Khoirul M
Editor : Ade Sulaeman