Find Us On Social Media :

Dari Daging Jerapah Sampai Rempah-rempah Khas Indonesia, Ditemukan Sisa-sisa Makanan di Kota Pompeii

By Mentari Desiani Pramudita, Senin, 17 Oktober 2016 | 13:03 WIB

Ditemukan sisa-sisa makanan di area kota Pompeii, Italia.

Intisari-Online.com- Pernah mendengar peristiwa Pompeii di Italia? Kota megah nan kaya ini terkena semburan gunung berapi yang meluluhlantakan kota cantik ini dalam waktu singkat. Beratus-ratus tahun kemudian, dalam sebuah penelitian ternyata ditemukan berbagai jenis sisa-sisa makanan yang sempat terkubur di kota Pompeii. Bahkan ada rempah-rempah khas Indonesia.

Steven Ellis, seorang arkeolog asal University of Cincinnati di Amerika Serikat bersama timnya sudah melakukan sebuah penelitian selama 10 tahun terakhir. Ellis meneliti dua kompleks perumahaan di kota Pompeii yang sekarang masuk dalam area kota Napoli, Italia bagian selatan.

Hasilnya, ia menemukan berbagai jenis sisa-sisa makanan yang diyakini dikonsumsi oleh bangsa Romawi Kuno yang tinggal ketika Pompeii masih megah-megahnya.

Namun yang menarik ialah ternyata bangsa Romawi Kuno sudah mengkonsumsi berbagai jenis makanan eksotik. Beberapa sisa-sama makanan itu antara lain berbagai jenis gandum, buah impor, ikan asin dari Spanyol, kerang, landak laut, sampai flamingo. Yang mengejutkannya ternyata ditemukan juga rempah-rempah khas Indonesia dan sepotong daging jerapah dalam sebuah bangunan kuno.

Penemuan sisa-sisa makanan yang lokasinya berjauhan dari Pompeii tentu mengejutkan arkeolog termasuk Ellis. “Sungguh di luar dugaan,” katanya.

Ellis mengatakan bahwa penemuan ini sebagai bukti nyata bahwa Pompeii pada tahun 79 Masehi benar-benar kota ‘urban’ yang memiliki biaya dan standar hidup yang sangat tinggi.