Find Us On Social Media :

Roti Putih Meningkatkan Pertumbuhan Bakteri

By K. Tatik Wardayati, Senin, 30 Juni 2014 | 19:30 WIB

Roti Putih Meningkatkan Pertumbuhan Bakteri

Intisari-Online.com – Meskipun punya reputasi yang tidak bagus, ternyata roti putih meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik. Demikian menurut makalah di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Dalam beberapa tahun, roti tawar putih memang dijauhi karena tidak memiliki manfaat kesehatan dari gandum utuh. Namun, penelitian baru ternyata menunjukkan cerita lain, bahwa roti putih ini meningkatkan pertumbuhan  bakteri usus yang baik.

Para peneliti melihat efek dari makanan pada jenis mikroba yang hidup dalam usus kita. Mereka mengumpulkan data tentang diet dari 38 orang dewasa yang sehat dan kemudian menganalisis bakteri dalam sampel tinja subjek.

Ternyata, responden yang makan roti putih memiliki lebih banyak lactobacillus, jenis bakteri yang tidak mengganggu pencernaan. Tampaknya pati dan serat dalam roti ini baik untuk bakteri ini.

Eits, tunggu dulu! Sebelum Anda membuat makan siang dengan roti putih agar meningkatkan pertumbuhan bakteri usus baik ini, sebuah penelitian terbaru lain menunjukkan bahwa makan roti tawar putih dikaitkan dengan obesitas. Jadi, Anda harus mengakali temuan baru ini dengan sejumput garam. Tapi jangan terlalu banyak garam juga, apalagi buat Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. (scientificamerican)

Baca juga: Roti tawar bisa bikin gemuk?