Find Us On Social Media :

Arkeolog Mungkin Salah tentang di Mana Ayah Alexander Agung Dimakamkan

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 24 Juli 2015 | 13:00 WIB

Arkeolog Mungkin Salah tentang di Mana Ayah Alexander Agung Dimakamkan

Intisari-Online.com - Sebuah studi terbaru menyebabkan kontroversi tentang di mana ayah Alexander Agung dimakamkan semakin rumit. Selama ini, para ilmuwan sepakat bahwa Raja Philip II—ayah Alexander Agung—dimakamkan di apa yang disebut dengan “Tomb of Philip” di Vergina, Yunani.

Philip II dibunuh pada 336 SM. Begitu juga istri mudanya, Cleopatra Eurydice—ibu tiri Alexander—dan anak mereka yang baru lahir. Saat itu, kira-kira akhir 1970-an, tiga makam yang dikenal secara kolektif sebagai Royal Tombs di Great Tumulus sedang diekskavasi, dan makam kedua, alias Makam II, diidentifikasi sebagai sisa-sisa Raja Philip II.

Tapi sebuah studi terbaru menunjukkan temuan berbeda. Benar, makam Raja Philip II ditemukan di komplek Royal Tombs, tapi bukan Tomb II, melainkan Tomb I. Temuan ini sendiri sudah dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), Senin (20/7).

Untuk memastikan studi tersebut, sebuah tim peneliti internasional menggunakan teknik pemindaian dan radiografi untuk menganilis sisa-sisa kerangka manusia di Tomb I. Para peneliti melihat bahwa tulang kaki menunjukkan tanda-tanda sebuah luka penetrasi. Luka itu, menurut para peneliti, sangat mirip dengan salah satu luka Philip II yang telah dideritanya pada 2.000 tahun yang lalu yang tertulis dalam sebuah naskah kuno.

“Ketika saya menemukan tulang paha yang menyatu dengan tibia di sendi lutut, saya tiba-tiba teringat cedera kaki Philip II, tapi saya tidak bisa mengingat perinciannya,” ujar Dr. Antonis Bartsiokas, peneliti dari Democritus University of Thrace sekaligus pemimpin penulis utama penelitian. Kepada LiveScience ia menambahkan, “Saya kemudian kembali mempelajari bukti sejarah … dan saya tahu tulang itu milik Philip II.”

Cedera kaki itu bukan satu-satunya bukti; majalah Science melaporkan, kerangka di Makam I juga menampilkan kerusakan pada tengkorak, yang oleh para peneliti diyakini terkait dengan cedera yang dialami Philip ketika sebuah anak panah menyebabkan mata kanannya buta.

Berdasarkan analisi ini, para peneliti menyimpulkan bahwa Philip II adalah penghuni Tomb I, bersama dengan Cleopatra dan putranya.

Lalu siapa penghuni Tomb II? Peneliti menunjukkan penghuni sebenarnya Tomb II adalah Raja Arrhidaios (anak Philip II dan saudara tiri Alexander Agung) dan istrinya, bersama dengan beberapa baju besi milik Alexander. Tapi tidak semua sepakat dengan temuan baru itu.

Salah satunya adalah Dr. Theodore Antikas, kepala tim peneliti antropologi di Aristotle University. “Publikasi di PNAS itu tidak benar,” ujarnya kepada LiveScience. Dia tetap yakin bahwa Philip II dimakamkan di Tomb II.

Dalam sebuah surat, Antikas menulis kepada editor PNAS, yang juga ia bagi kepada The Huffington Post, ia menyebut, “Hanya dengan menggunakan tulang dari Tomb I dipelajari … penelitian yang dilakukan Bartsiokas cs. pada identitas orang mati, berdasarkan barang bukti yang ada, jauh dari kata menyelesaikan.”

Meski demikian, para peneliti tetap yakin penemuan baru mereka.

“Saya berpikir bahwa kami telah menciptakan penemuan yang sangat kuat,” ujar Dr. Juan-Luis Arsuage, profesor dari Universidad Complutense de Madrid, Spanyaol, yang sekaligus wakil penulis penelitian. “Sekarang fokus akan beralih ke Tomb I. Saya terbuka untuk berdiskusi.”