Find Us On Social Media :

Ternyata Bukan Thomas Raffles yang Menemukan Bunga Rafflesia Pertama Kali, Lalu Siapa?

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 10 Januari 2018 | 14:45 WIB

Intisari-Online.com - Jika ditanya tentang siapa penemu bunga Rafflesia, secara serentak kita akan menjawab: Thomas Stamford Raffles—ini jika kita mengacu pada aturan pemberian nama spesies baru.

Dalam aturan itu disebutkan, penamaan spesies baru menggunakan nama penemunya sebagai bentuk penghargaan atas jerih payahnya.

Tapi rupanya itu tidak berlaku pada bunga Rafflesia.

(Baca juga: 25 Tahun Jadi Ikon Bunga Nasional Indonesia, Ini 6 Tempat di Indonesia untuk Melihat Bunga Rafflesia arnoldii)

(Baca juga: Kala Daendels dan Raffles Bertemu di Salemba)

Dalam buku berjudul Rafflesia of the World tulisan Jamili Nais tertulis, penemu pertama Rafflesia bukan Thomas Stamford Raffles seperti yang umumnya dipercaya.

Meski begitu, orang yang dapat penghargaan sebagai nama jenis (atau bahkan genus dalam konteks Rafflesia) malah Raffles.

Lalu siapa penemu yang sebenarnya?

Orang pertama yang menemukan Rafflesia ternyata adalah Louis Auguste Deschamps. Ia adalah ilmuwan Prancis yang meneliti selama 11 tahun di Indonesia.

Dalam kurun 1792 - 1794, ia tinggal di Jawa. Di pulau yang disebut sebagai “gemah ripah loh jinawi” itu ia membuat banyak catatan, ilustrasi, dan koleksi dari ragam tumbuhan dari berbagai daerah.

Dalam proyek penelitian itulah, Deschamps menemukan Rafflesia. Jenis yang ditemukan bukan Rafflesia arnoldii tetapi R. patma.

Tapi malang bagi Deschamps.