Mari Membahagiakan Ibu Selama 365 Hari Setiap Tahunnya

  • Selasa, 20 Desember 2016 19:04 WIB

Mari Membahagiakan Ibu Selama 365 Hari Setiap Tahunnya

Intisari-online.com—Hari ibu merupakan hari yang sangat istimewa, sebab hari ini adalah untuk memperingati kasih orang yang istimewa. Ibu adalah pribadi yang selalu ada untuk kita. Ia juga mengorbankan banyak untuk kita. Jika kita adalah seorang ibu saat ini, kita pasti mengerti betapa spesialnya seorang ibu.

Hari ibu, haruslah dilewatkan dengan rasa syukur dan kegembiraan. Tapi bagaimana dengan 364 hari berikutnya? Bisakah kita memberikan kebahagiaan yang sama kepada ibu?

Kita harus mengenal lima reaksi kimia yang membuat ibu merasa bahagia di hari ibu, bahkan setiap harinya. Mari membahagiakan ibu selama 365 hari dengan lima cara ini.

  1. Mengendalikan hormon kortisolnya

Saat ibu stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon kortisol. Semakin tua dia, semakin sulit dia mengatasi stres. Di hari ibu ini, mari bantu ibu untuk mengontrol kortisol dengan cara membuatnya bisa melepaskan stres.

Jika ibu stres dengan berbagai pekerjaan dan kesibukan, bantulah ia menyelesaikan apa yang harus dikerjakan. Satu cara terbaik juga adalah jadilah anak yang baik. Tidak ada yang lebih menyenangkan hati itu selain dari anaknya hidup dengan cara yang baik.

  1. Tingkatkan hormon oksitosinnya

Hormon oksitosin meningkatkan perasaan senang dan dicintai. Peluk, cium, dan sentuhan hangat bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon tersebut. Berikan pelukan paling tulus dan hangat pada ibu hari ini!

(Bagi Seorang Ibu, Keselamatan Anaknya Adalah yang Paling Penting)

  1. Naikkan level hormon dopaminnya

Reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh setiap kali kita merasakan satu pengalaman yang baru. Memberikan sensasi dan perasaan senang yang berbeda dari biasanya.

Berikan pengalaman itu pada ibu dengan memberikannya hadiah atau memperkenalkannya dengan sesuatu yang baru. Misalnya mengajakknya makan ke restoran atau jalan-jalan ke tempat yang belum pernah dikunjunginya

Mari Membahagiakan Ibu Selama 365 Hari Setiap Tahunnya
Mari Membahagiakan Ibu Selama 365 Hari Setiap Tahunnya
  1. Bangkitkan endorfin

Biasanya endorfin muncul ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan baginya. Ajaklah ibu melakukan hobinya, misalnya berkebun, merawat tanaman, merangkai bunga, dll.

  1. Tingkatkan serotonin

Sumber : ["psychologytoday.com"]

Reporter : Tika Anggreni Purba
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×