Oknum TNI Pukul Polantas: Secara Psikologis Masih Banyak Anggota TNI yang Tak Sudi Diperintah Polisi

  • Jumat, 11 Agustus 2017 17:00 WIB

Oknum Anggota TNI diduga bernama Sersan Dua Wira Sinaga marah dan memukul anggota polisi yang sedang bertugas di Pekanbaru, Riau, Kamis (10/8/2017) senja. | Tribunnews.com

Intisari-Online.com - Anggota TNI dalam kegiatannya sehari-hari selalu patuh pada hirarki dalam artian mereka selalu hormat kepada atasannya.

Dalam soal urusan disiplin baik di lingkungan interen maupun eksteren TNI juga sudah memiliki aparat penegak hukum, yakni Polisi Militer.

Polisi Milliter itu pada dasarnya merupakan anggota pasukan tempur TNI yang awalnya diseleksi, dididik, dan dilatih menjadi para “polisinya” tentara.

Sebagai personel Polisi Militer mereka memilki keamampuan seperti personel Polri, mulai dari melakukan penyidikan perkara, menangkap tersangka, membuat berita acara, memiliki kemampuan untuk memanajemen lalu-lintas, dan lainnya.

Pada umumnya para personel Polisi Militer TNI selalu bertugas di pintu gerbang suatu markas dengan tujuan bisa mengawasi langsung tingkat disiplin para anggota TNI.

Misalnya saja, jika ada anggota TNI yang tidak memakai helem saat naik motor, belum membayar pajak kendaraan dan pelanggaran-pelanggaran lainnya, pelaku pelanggaran akan ditindak sesuai tingkat pelanggarannya.

Jika sedang berhadapan dengan Polisi Militer setiap anggota TNI yang sedang melanggar disiplin pasti tidak akan berbuat aneh-aneh apalagi melakukan tindakan kekerasan meskipun anggota Polisi Militer yang sedang dihadapi pangkatnya lebih rendah.

Tapi di luar lingkup markas TNI merupakan kejadian biasa atau bahkan sering terjadi jika anggota TNI yang melanggar disiplin ditegur oleh anggota Polri malah tidak terima dan kemudian membalasnya dengan aksi kekerasan.

Pasukan TNI sebenarnya sudah punya doktrin dan pemahaman jika mereka sedang berkegiatan di ranah sipil harus siap pula berhadapan dengan hukum sipil.

Reporter : Agustinus Winardi
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×