Meski Pendapat Kita Benar, Orang Lain Kerap Salah Tanggap, Mungkin Ini Penyebabnya

  • Kamis, 9 November 2017 20:30 WIB

Hindari gaya agresif saat berkomunikasi.

Intisari-Online.com - Pernahkah terjebak dalam situasi di saat opini, pendapat, dan harapan Anda tidak bisa diterima orang lain dalam sebuah forum? Jika pernah, apa yang Anda lakukan?

Kemungkinan besar kita akan semakin agresif menyampaikan apa yang kita anggap benar. Tapi perlu diingat, sekalipun yang kita sampaikan itu baik dan benar, jika disampaikan dengan agresif, orang bisa salah tanggap,lo. 

Karena itu kita bisa mempelajari komunikasi asertif, yaitu suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain.

Kenyataannya, seperti dilansir di Lifehack.org disebutkan bahwa komunikasi asertif justru dapat menolong kita dalam hubungan dengan orang lain.

BACA JUGA: Kenali Neurosis Yang Bikin Perkawinan Tak Harmonis

Baik secara personal maupun profesional. 

Secara personal, komunikasi asertif bisa membantu kita untuk:

1. Memiliki prinsip dan etika yang baik dalam berkomunikasi. Karena komunikasi asertif menolong kita untuk lebih percaya diri dalam berbicara. 

2. Kita belajar untuk menghargai orang lain dan tidak melihat orang lain sebagai ancaman bagi nilai-nilai yang kita pegang. 

3. Menolong kita agar dapat lebih dimengerti orang lain. 

Reporter : Yoyok Prima Maulana
Editor : Yoyok Prima Maulana

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×