Ingat! Jangan Pernah Biasakan Berpikir dan Berbicara Negatif Dalam Diri Sendiri!

  • Rabu, 6 Desember 2017 17:15 WIB

Sebaiknya berpikir dan berbicara negatif dalam diri sendiri tidak perlu dibiasakan. | happyheart.

Intisari-Online.com—Terkadang, akibat ketidakmampuan untuk berubah, kegagalan, kesulitan, kebiasaan, dll kita tidak mampu mengontrol diri kita untuk tidak berpikir negatif mengenai diri sendiri.

Akibatnya kita kerap menuduh, menjelekkan, bahkan berbicara negatif pada diri sendiri. Tidak hanya itu, pikiran itu melahirkan kekhawatiran demi kekhawatiran yang tidak berujung.

Pertanyaannya, apakah itu mengubah kenyataan yang ada? Sebetulnya tidak.

Menurut National Science Foundation AS, dilansir dari Psychologytoday.com, rata-rata setiap orang memiliki 12.000-60.000 pikiran setiap hari. Dari semua itu 80% adalah pikiran negatif dan 95% adalah pikiran berulang dari hari sebelumnya.

(Baca jugaNi Nengah Widiasih: Kalau Gagal, Ya, Coba Lagi! Kalau Jatuh, Ya, Bangun Lagi!)

(Baca juga: Luar Biasa! Bermodal Satu Tangan, Mantan Nelayan Ini Borong 5 Emas dan Pecahkan 3 Rekor ASEAN)

Kebiasaan berpikir dan berbicara negatif terhadap diri sendiri akan mempengaruhi bagaimana kita menjalani kehidupan nyata. Semakin negatif kita berpikir, semakin negatiflah realitasnya.

Pikiran dan perasaan negatif bukanlah fakta, inilah yang harus kita pahami bersama.

Contohnya: ketika seseorang yang kita kasihi jatuh sakit. Kemungkinan bahwa ia akan jatuh sakit lagi di lain waktu adalah fakta.

Namun “bagaimana kalau dia sakit parah? Apa yang akan terjadi kalau dia tidak sembuh? Bagaimana kalau penyakit ini akan membuatnya meninggal” bukanlah fakta. Itu hanya pikiran dan perasaan negatif. Belajarlah untuk membedakannya.

Reporter : Tika Anggreni Purba
Editor : Mentari Desiani Pramudita

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×