7 Alasan Kita Harus Ajarkan Musik pada Anak

7 Alasan Kita Harus Ajarkan Musik pada Anak

  • Editor : Monalisa Darwin D
  • Sunday, 25 September 2016
  • 03:00 pm

Musik tidak sekadar hobi untuk seseorang, termasuk bagi anak-anak. Musik dapat meningkatkan kreativitas dan membantu mengurangi stres. Tak perlu khawatir atau ragu mengenalkan musik untuk anak. Ini juga akan menghilangkan kejenuhan anak, terutama bila mereka terlalu fokus pada pelajaran akademik. Dan, masih banyak dampak positifnya bagi anak Yuk, ajarkan musik pada anak sejak dini!

Intisari-Online.com - Musik tidak sekadar hobi untuk seseorang, termasuk bagi anak-anak. Musik dapat meningkatkan kreativitas dan membantu mengurangi stres. Tak perlu khawatir atau ragu mengenalkan musik untuk anak. Ini juga akan menghilangkan kejenuhan anak, terutama bila mereka terlalu fokus pada pelajaran akademik. Dan, masih banyak dampak positifnya bagi anak Yuk, ajarkan musik pada anak sejak dini!

1. Mengembangkan passion

Belajar musik sama seperti belajar mengendarai sepeda atau berenang. Melakukannya sekali seumur hidup dan bahkan jika kehilangan praktek, bakat tersebut tetap ada. Inilah yang menjadi alasan mengapa anak harus belajar musik.

2. Salah satu hobi yang luar biasa

Entah itu belajar menyanyi atau belajar memainkan alat musik, namun musik adalah hobi yang luar biasa atau mengagumkan. Kegiatan ini juga membantu anak tetap aktif di luar sekolah. Hobi ini juga positif dan dapat menghindari anak dari melakukan hal lain yang tidak menghasilkan apa-apa.

3. Dapat menjadi pilihan karier

Karier musik tidak terbatas, mulai dari menjadi vokalis, gitaris, prosedur musik, dan lainnya. Ada banyak pilihan karier yang ditawarkan di bidang musik. Bila nantinya anak benar-benar memiliki darah seni, khususnya di dunia musik, ini akan menjadi kesempatan besar untuk kariernya.

4. Membantu anak berpikir sesuai bakatnya

Ketika anak menyukai musik, orangtua dapat mengajak anak untuk bergabung dalam kelas musik dan bertemu dengan teman-teman seusiannya. Ini kemudian akan memungkinkan anak lebih mudah berkomunikasi serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

5. Menigkatkan kreativitas anak

Belajar musik dapat mengeksplorasi otak anak tentang pengetahuan baru. Anak akan diajarkan bagaimana berpikir dengan cara lain selain dari pelajaran akademik di sekolah. Kreativitas memungkinkan anak menemukan solusi kreatif dalam menyelesaikan masalah dan proses belajar musik sebagai seni memberikan anak titik acua mental yang baru.

6. Membantu anak menghargai seni

Musik menjadi salah satu cara untuk mengajarkan anak bagaimana menghargai keindahan hidup. Anak juga dapat belajar berpikir tentang pentingnya seni serta memahami makna yang lebih dalam kehidupan ini.

7. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri akan tumbuh ketika anak menyadari tentang keahlian atau bakat yang mereka pelajari. Bakat berfungsi sebagai faktor intrinsik yang membangun rasa percaya diri secara alami dan akan tidak lagi harus mencari faktor lainnya untuk meningkatkan percaya diri serta harga diri.

Apakah Anda sudah ajarkan musik pada anak? (magforwomen.com)

Author :

Monalisa Darwin D

Komentar

Berita Terkait

Mengapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Ponsel Dalam

Karena di tempat terang saja mata bisa mengalami gangguan,

Inilah Alasan Kenapa Daging Bisa Bantu Kecerdasan Anak

Daging sapi memiliki kandungan zat besi dan seng yang lebih

Murid Sekolah Seharusnya Tak Boleh Duduk Seharian di

Kini para ahli dan guru telah menemukan cara agar para siswa

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Anak Berada di Kamar

Pasangan yang baru saja dikaruniai anak kadang merasa

Berita Lainnya

Yuk, Coba Pijat Genital untuk Raih Multi Orgasme

Pijat genital yang dilakukan dengan penundaan ejakulasi

Ini Cara Mencegah Ejakulasi Dini

Kita tentu sudah sangat sering mendengar masalah ejakulasi

Pria yang Percaya Jargon 'Pria Sejati Tak Boleh

Kebanyakan pria sulit mengekpresikan emosi dan perasaannya

Awas, Mereka yang Indra Penciumannya Bermasalah

Tidak hanya berisiko meninggal lebih cepat, mereka yang