Sarapan Jangan Asal Sarapan, Ada Kriteria Menu yang Mesti Kita Perhatikan

  • Senin, 27 Februari 2017 10:00 WIB

Kriteria menu sarapan banyak macamnya

Intisari-Online.com - Sarapan jangan asal sarapan. Ada kriteria menu yang mesti kita perhatikan supaya sarapan kita benar-benar menyehatkan.

Selama ini, banyak orang menjatuhkan pilihan menu sarapan hanya dengan mengonsumsi sayuran dan buah kaya serat. Mereka percaya bahwa dua jenis sumber asupan ini bisa menggantikan nutrisi lainnya sekaligus sebagai cara ampuh menjaga bobot tubuh dan melancarkan sistem pencernaan saat pagi hari.

(Sebelum Sarapan, Baiknya Mengonsumsi Minuman Ini Supaya Racun dalam Tubuh Kita Hilang)

Tapi tahukah kita bahwa manfaat dari kebiasaan hanya memakan sayuran dan buah ini ternyata bertolak belakang dari keterangan pakar gizi.

Kurniasih Ageng Pratiwi, S.Gz., pakar gizi ini mengatakan bahwa pada prinsipnya, tidak ada satupun bahan makanan yang sempurna dalam memenuhi kebutuhan gizi kita di dunia ini. Bahkan, Kurniasih mengungkapkan kekayaan jenis antara sayuran satu dengan yang lainnya saja tidak akan sama dan tidak bisa digantikan oleh manfaat dari sayuran lainnya.

“Bila Anda hanya makan buah dan sayuran, artinya mungkin hanya sebagian kecil vitamin dan serat yang terpenuhi, yang lainnya tidak. Karena kebutuhan energi didapat dari lemak dan protein,” ujar Kurniasih yang juga berprofesi sebagai Nutrisionis di Vivafit Fitness Center, dikutip dari Nova.id.

Kriteria menu tepat untuk sarapan sehat adalah harus mencakup gizi seimbang. Komponen sarapan sehat terdiri dari sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Bagi Anda yang mungkin merasa bosan atau sedang mencoba menghindari nasi untuk sarapan sehat, maka bisa menggantinya dengan kentang, bihun, roti, dan tepung-tepungan.

Kurniasih juga menganjurkan, kita tidak usah menyajikan sarapan dalam porsi besar, yang penting tetap padat gizi. Ini penting, khususnya bagi kelompok usia anak-anak, remaja, dan dewasa yang memiliki segudang aktivitas fisik yang menguras tenaga.

Kriteria menu tepat untuk sarapan sehat juga tidak melulu hanya lauk-pauk, sayur, dan nasi. Asalkan kebutuhan gizi seimbang, maka menu tepat untuk sarapan sehat bisa dimodifikasi sesuka selera Anda. Contohnya, sandwich telur mata sapi yang ditambah satu gelas susu almond sebanyak 250 ml yang mengandung energi 412,5 kalori dan protein sebesar 14,5 gram. Menu tepat sarapan sehat lainnya adalah 1 porsi omelet makaroni yang diberi sedikit sayuran segar mengandung energi sebanyak 325 kalori dan protein sebesar 16 gram.

Sumber : []

Reporter : Moh Habib Asyhad
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×