Punya Kolesterol Tinggi? Ini Dia, Tiga Serangkai Penggempur Kolesterol yang Terbukti Kemanjurannya

Reporter : Ilham Pradipta M.
Editor : Ade Sulaeman

Kadar kolesterol tinggi menjadi penyebab banyak penyakit | huffingtonpost.com

Intisari-Online.com – Tingginya kadar kolesterol dalam darah merupakan gangguan kesehatan yang relatif beru dalam dunia kedokteran. Makanya, obat alami warisan nenek moyang untuk masalah medis ini belum ada. Namun, para ahli telah meneliti sejumlah bahan alami yang bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Untungnya, bahan-bahan itu mudah didapat dan ada di sekitar kita. Nah, berikut makana penggempur kolesterol.

(Tak Mau Kolesterol, Hindari Makanan Bersantan Saat Lebaran)

1. Bawang putih: hampir ada di setiap makanan 

Bawang putih hampir ada di setiap makanan
Bawang putih hampir ada di setiap makanan

Kabar baiknya yang satu ini hampir ada di setiap makanan. Nah, lewat serangkaian penelitian para ahli dunia, bawang putih terbukti mampu membantu menurunkan kolesterol. Hebatnya lagi, penelitiannya tak hanya manjur pada hewan, tapi juga manusia. Buktinya bisa kita lihat Dr. Loma Linda dari California AS, misalnya. Ia pernah memberikan satu gram ekstrak cairan bawang putih secara rutin kepada pasiennya yang berkadar kolesterol tinggi selama enam bulan.

Hasilnya? Kadar kolesterol si pasien itu turun 44 poin. Ada juga penelitian dari Dr. Lin Ph.D yang memberikan tiga siung bawang putih pada pasiennya selama beberapa bulan. Ternyata kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) mereka juga turun sampai 10-15 persen. Hasil penelitian mereka dituangkan dalam jurnal kedokteran yang disebar ke seluruh penjuru dunia.

Lalu, kenapa bawang bisa sehebat itu dalam menurunkan kolesterol? Nah, kemungkinan besar berkat senyawa-senyawa belerang seperti alliin, allisin, dialil disulfida, dan dialel trisulfida yang terkandung di dalam umbi bawang putih. Sifat antioksidan yang kuat ini dapat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang menyebabkan naiknya kada LDL. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu meningkatkan kegiatan fibrinolitik yang menghambat pembekuan darah, biang keladi serangan jantung.

(Awas, Orang Kurus pun Bisa Terkena Hiperkolesterolemia!)

Lucunya, senyawa belerang ini umbi bawang putih tidak muncul bila bawang putih dalam keadaan utuh. Sebab umbi ini harus dimemarkan terlebih dahulu. Entah dicincang atau digeprek, supaya senyawa tersebut muncul.

 


Sumber : ["menu sehat - intisari"]

Reporter : Ilham Pradipta M.
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×