Waspadai Sisi Negatif Belanja Online Ini

  • Minggu, 1 Oktober 2017 06:00 WIB

Belanja daring memang praktis tapi ...

Intisari-Online.com – Maraknya belanja daring tak hanya mematikan mal-mal di perkotaan. Ada bahaya laten yang ternyata patut diwaspadai karena bisa menyerang tubuh kita.

Tapi tentu bukan bahaya laten PKI yang sedang ramai dibicarakan.

Belanja daring memang sangat praktis. Namun terpikirkah ada yang hilang dalam pergeseran dari belanja luring ke belanja daring?

Dengan internet di ujung jari kita, banyak dari kita bahkan tidak perlu lagi meninggalkan rumah untuk melakukan pembelian barang. Nah, kurangnya aktivitas fisik ini bisa berakibat pada kesehatan kita.

Chartered Society of Fisioterapi (CSP) melakukan survei terhadap setidaknya 2.000 orang dewasa Inggris berusia 55 tahun ke atas.

(Baca juga: Senang Belanja Online? Selamat, Anda Bisa Dapatkan Enam Manfaat Ini!)

Hasilnya, 24 persen dari mereka yang berusia di atas 65 mengatakan bahwa mereka tidak pernah melakukan latihan untuk menguatkan otot selama seminggu, sementara 9 persen hanya melakukannya sekali setiap beberapa hari.

Anjuran aktivitas nasional adalah setidaknya melakukan dua macam latihan penguatan seminggu, di samping 150 menit latihan.

Para ahli menyatakan bahwa untuk mereka yang berusia di bawah 64 tahun, mengangkat beban atau membawa belanjaan dapat dimasukkan sebagai bentuk latihan penguatan.

Sementara mereka yang berusia di atas 65 tahun, untuk tetap fit bisa melakukan latihan sederhana seperti tari dan kursi aerobik. Tanpa olahraga apa pun, orang-orang ini berisiko lebih besar mengalami cedera dan terjatuh.

Sumber : iflscience.com

Reporter : Agus Surono
Editor : Agus Surono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×