Tindak Ingin Sistem Kekebalan Tubuh Anda Tiba-tiba Menurun? Kurangi Mengonsumsi Makanan Ini

  • Senin, 20 Maret 2017 10:00 WIB

Makanan Yang Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Intisari-Online.com – Sistem kekebalan tubuh berfungsi melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Jika Anda ingin memiliki sistem kekebalan yang kuat, sebaiknya tidak terlalu sering makan makanan yang di bawah ini. Soalnya, beberapa makanan ini dikenal menurunkan sistem kekebalan tubuh, seperti dikutip Livestrong.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Daging merah

Daging merah merupakan salah satu sumber utama lemak jenuh, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko tinggi kolesterol dalam darah, diabetes tipe 2 dan penyakit lain akibat turunnya kekebalan tubuh.

Para ahli dari Klinik Cleveland menyarankan untuk mengurangi atau menghindari sumber-sumber lemak jenuh seperti hot dog, sosis babi, salami, daging asap, daging iga, dan daging merah.

Margarin dan mentega

Margarin mengandung lemak trans yang bisa merusak kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Dr. David Katz, Direktur Yale Prevention Research Center di Connecticut menyatakan bahwa lemak trans bisa mengakibatkan peradangan.

(Tak Hanya Perlancar Pencernaan, Probiotik Juga Dongkrak Sistem Kekebalan Tubuh)

Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh tidak dapat memberikan perlindungan tepat dan baik bagi tubuh. Untuk itulah, ganti mentega dan margarin dengan minyak nabati seperti minyak zaitun dan kanola untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Produk susu tinggi lemak
Produk susu yang memiliki kadar lemak yang tinggi merupakan sumber lemak jenuh. Klinik Cleveland menyarankan untuk memilih susu, yoghurt, keju, atau lainnya yang rendah lemak untuk memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. 

Konsumsi gula berlebihan
Gula yang dikonsumsi berlebihan sampai 8 sendok makan per hari bisa mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan kuman hingga sebesar 40%. Efek ini sudah bisa dirasakan 30 menit sejak ditelan hingga 5 jam. Asupan gula berasal dari permen, sereal warna-warni, sirup, selai, jeli, kue, dan biskuit.

Namun begitu, beberapa faktor memang bisa menghambat dan mengurangi sistem kekebalan tubuh seperti stres, kurang tidur, merokok, kebiasaan makan yang buruk serta kurangnya olahraga, dan kondisi medis lainnya. Anak-anak dan orang tua juga memiliki kekebalan yang lebih rendah.

Toh, tak ada salahnya menghindari beberapa makanan tadi. Mengapa tidak menyantap buah-buahan dan sayuran saja yang lebih sehat?

Sumber : []

Reporter : K. Tatik Wardayati
Editor : K. Tatik Wardayati

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×