Nyeri Sendi? Mungkin Tiga Makanan Berikut Ini Penyebabnya!

  • Sabtu, 24 September 2016 11:30 WIB

Nyeri Sendi? Mungkin Tiga Makanan Berikut Ini Penyebabnya!

Intisari-Online.com - Ketika sendi kaku, membengkak, atau sakit, maka akan terasa tidak ingin melakukan pekerjaan apalagi yang melibatkan gerakan terlalu banyak. Meski tidak dapat memastikan nyeri sendi hilang selamanya, namun penelitian menunjukkan bahwa makanan, seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dan lemak ikan, dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Selain itu, yang perlu diketahui bila kita mengalami nyeri sendi, mungkin tiga makanan berikut ini adalah penyebabnya:

1. Tomat

Bagi pasien yang menderita jenis tertentu pada arthritis atau nyeri sendi yang disebut gout atau asam urat, tomat sudah dikenal dapat memicu nyeri terus muncul. Dalam penelitian terbaru, peneliti mensurvei 2.051 orang memiliki masalah gout dan 20% di antaranya melaporkan bahwa tomat adalah pemicu nyeri. Mereka kemudian menganalisis data dari 12.720 orang yang tidak memiliki kadar asam urat dan ditemukan ketika mereka mengonsumsi tomat, maka kadar asam urat di dalam darah meningkat.

2. Asupan asam lemak omega-6

Asam lemak omega-6 bila dikonsumsi berlebihan ternyata dapat menyebabkan masalah nyeri sendi. Dalam penelitian bahkan ditunjukkan seorang yang banyak mengonsumsi asam lemak omega-6, mengalami masalah seperti asma, penyakit jantung, dan peradangan. Peneliti tentu menganjurkan untuk mengurangi asupan tersebut. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-6 adalah jagung, bunga matahari, minyak kedelai, margarin, kuning telur, daging, dan makanan yang digoreng.

3. Minuman soda

Kandungan gula atau pemanis pada soda sangat tidak baik bagi kesehatan. Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, selain menimbulkan risiko diabetes dan penyakit jantung, gula dapat menyebabkan pelepasan inflamasi yang disebut sitokin. Ketika peneliti menganalisis data dari dua penelitian besar yang mencakup 30 tahun lamanya, mereka menemukan hubungan antara konsumsi soda dan risiko nyeri sendi. Wanita yang mengonsumsi satu soda atau lebih dalam sehari, memiliki risiko 63% lebih besar mengalami nyeri sendi daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami masalah nyeri sendi, mungkin tiga makanan tadi penyebabnya. Yuk, periksa asupan makan sehari-hari mulai sekarang! (prevention.com)

Reporter : Monalisa Darwin D
Editor : Monalisa Darwin D

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×