Nyatanya Air Dalam Kemasan Tak Sebaik yang Kita Kira

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 18:45 WIB

Tak semua air kemasan netral. | dailymail.co.uk

Intisari-Online.com – Kita selama ini memandang soda, bir, dan kopi buruk baik gigi. Sementara untuk air dalam kemasan kita melihatnya sebagai sesuatu yang tidak berbahaya.

Hasil pengujian yang dilakukan ini nyatanya mengubah pandangan kita tadi. Tidak selalu air dalam kemasan aman bagi gigi kita.

Beberapa merek air kemasan yang paling populer memiliki tingkat pH yang berbahaya dan sedikit mengandung fluoride esensial, yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Karena tidak mungkin menilai keamanan air kemasan dari labelnya, Daily Mail menguji tingkat pH sembilan merek teratas air dalam kemasan untuk mengetahui mana yang terbaik dan terburuk.

Tingkat pH berkisar dari nol sampai 14. Pada skala itu, tujuh dianggap netral. Di bawah tujuh masuk kategori air asam, di atas tujuh basa (alkalin).

Nah, dr. Eunjung Jo dari Astor Smile Dental mengingatkan kita bahwa minum air asam akan membahayakan gigi.

“Email kita mulai terkikis pada tingkat pH 5,5. Jadi, sebaiknya hindari minuman dengan pH yang lebih rendah dari 5,5.”

Dr Jo juga mengatakan bahwa kerusakan yang dilakukan pada gigi kita meningkat secara proporsional seiring dengan lama kita menghabiskan minuman sehingga menghabiskan minuman kopi dalam tiga jam lebih berbahaya daripada menenggaknya dalam 30 menit.

“Semakin lama kita menyesap dan air itu tinggal di mulut kita, kerusakan itu lebih besar,” katanya.

Reporter : Agus Surono
Editor : Agus Surono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×