Insomnia dan Susah Tidur Malam dengan Nyenyak? Ini Langkah-langkah yang Harus Anda Lakukan

  • Sabtu, 2 September 2017 07:00 WIB

Insomnia dan susah tidur nyenyak | Independent

Intisari-Online.com – Kita semua pernah mengalaminya. Setidaknya sekali, terbangun di malam hari, marah, dan gelisah, karena satu hal yang tidak bisa kita lakukan. Benar, kita susah tidur nyenyak.

Insomnia memang menyebalkan.

(Baca juga: Punya Masalah Sembelit atau Insomnia? Kena Tidak Coba Tumis Kangkung Siang Ini)

Selain membuat kita tidak bisa tidur padahal harus bangun pagi esok hari, insomnia juga membuat kita mengantuk sepanjang hari.

Untungnya, ada sejumlah langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia ringan.

Pertama, National Sleep Foundation merekomendasikan untuk tetap mengikuti jadwal tidur.

Cobalah tidur pada waktu yang ditentukan dan bangun pada saat sama. Bahkan di akhir pekan sekalipun. Fungsinya untuk mengatur jam tubuh kita.

Jika kita harus pergi setelah bekerja pada Jumat malam, setidaknya cobalah untuk bangun dengan jam bangun normal pada hari Sabtu.

Kedua, buat ritual pra-tidur. Cobalah santai. Lakukan aktivitas ringan namun rutin sebelum tidur. Misalnya mandi atau membaca buku.

Hindari lampu terang dari lampur kamar, ponsel, atau layar laptop. Sebab hal ini bisa merangsang otak dan mencegah mengantarkan pesan dengan cepat.

Reporter : Mentari Desiani Pramudita
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×