Ini Dia, Lima Makanan yang Bisa Membuat Tulang Tetap Kuat

Ini Dia, Lima Makanan yang Bisa Membuat Tulang Tetap Kuat

  • Editor : Ilham Pradipta M.
  • Monday, 26 September 2016
  • 10:30 am

Pertumbuhan tulang memang perlu dibangun sejak masa kanak-kanak hingga menginjak usia dewasa muda. Namun, yang perlu kita ingat, setelah usia 30-an secara perlahan-lahan tulang akan mulai menipis. Oleh karena itu, kita harus rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi agar tulang tetap prima. Lalu, apa saja sih makanan yang bisa membuat tulang tetap kuat?

Intisari-Online.com – Pertumbuhan tulang memang perlu dibangun sejak masa kanak-kanak hingga menginjak usia dewasa muda. Namun, yang perlu kita ingat, setelah usia 30-an secara perlahan-lahan tulang akan mulai menipis. Oleh karena itu, kita harus rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi agar tulang tetap prima. Lalu, apa saja sih makanan yang bisa membuat tulang tetap kuat?

1. Susu
Benar kata ibu sewaktu kita kecil, susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah kesehatan tulang. Pria yang berusia 50 tahun setidaknya membutuhkan 1.000 miligram kalsium perhari. Sedangkan wanita membutuhkan 1.200 miligram. Nah, susu adalah sumber kalsium yang tak perlu diragukan lagi. Segelas susu berukurang 8-ounce,  setidaknya mengandung 300 miligram kalsium.

2. Salmon
Ternyata salmon tak hanya baik untuk jantung saja. Superfood ini mengandung banyak vitamin D yang baik untuk hati dan tulang kita. Sebenarnya tak hanya salmon, suplemen minyak ikan juga bisa memerangi kerapuhan tulang pada wanita. Alhasil, risiko menderita osteoporosis semakin kecil.

3. Keju
Keju juga bisa memperkuat tulang kita, tapi bukan berarti kita harus memakannya secara berlebihan. Sebab, memakan keju terlalu banyak tak akan mebantu kesehatan sendi kita. Kita cukup mengonsumsi keju sebanyak 1,5 ounces. Takaran tersebut bisa memenuhi kebutuhan harian kalsium lebih dari 30 persen.

4. Bayam
Sayuran ini merupakan pilihan terbaik bila Anda tidak menyukai susu. Satu cangkir bayam mengandung 25 persen kebutuhan kalisum harian. Hebatnya lagi, tak hanya kebutuhan kalsium saja yang terpenuhi, tapi juga serat, zat besi, dan vitamin A.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti peanuts dan almonds mengandung banyak kalium. Kaliun ini melindungi tubuh kita dari kehilangan kalsium yang dikeluarkan melalui urin. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung protein dan nutrisi lainnya yang berperan untuk membangun tulang yang kuat.
 

(healthfitnessrevolution.com)

Author :

Ilham Pradipta Mulya

Komentar

Berita Terkait

Ini Cara Mencegah Ejakulasi Dini

Kita tentu sudah sangat sering mendengar masalah ejakulasi

Pria yang Percaya Jargon 'Pria Sejati Tak Boleh

Kebanyakan pria sulit mengekpresikan emosi dan perasaannya

Awas, Mereka yang Indra Penciumannya Bermasalah

Tidak hanya berisiko meninggal lebih cepat, mereka yang

Inilah Alasan Kenapa Daging Bisa Bantu Kecerdasan Anak

Daging sapi memiliki kandungan zat besi dan seng yang lebih

Berita Lainnya

Yuk, Coba Pijat Genital untuk Raih Multi Orgasme

Pijat genital yang dilakukan dengan penundaan ejakulasi

Ini Cara Mencegah Ejakulasi Dini

Kita tentu sudah sangat sering mendengar masalah ejakulasi

Pria yang Percaya Jargon 'Pria Sejati Tak Boleh

Kebanyakan pria sulit mengekpresikan emosi dan perasaannya

Awas, Mereka yang Indra Penciumannya Bermasalah

Tidak hanya berisiko meninggal lebih cepat, mereka yang